Cara Gampang Bikin HDR di Android

Foto kanan adalah foto HDR  yang sudah diolah dengan menggunakan aplikasi SnapSeed.
Foto kanan adalah foto HDR
yang sudah diolah dengan menggunakan aplikasi SnapSeed.

 

Apa kabar para pembaca PCplus? Kali ini kami dari Team Fotodroids akan berbagi teknik editing HDR (High Dynamic Range). Biasanya teknik HDR ini dipakai untuk mempertajam detail foto landscape atau pemandangan. Tapi kali ini kita akan mengaplikasikannya pada foto portrait atau raut wajah. Sehingga mendapatkan kesan dramatis pada wajah yang akan kita edit.

Ada beragam aplikasi HDR yang bisa ditemukan di Google Play Store seperti HDR Camera, Camera 360, SnapSeed, PicsArt, Pro HDR Camera, dan lain-lain. HDR Camera dan Camera 360 adalah contoh aplikasi HDR yang memiliki fungsi utama sebagai pengambil gambar. Tapi aplikasi lain seperti SnapSeed, PicsArt dan sejenisnya menawarkan fungsi penyunting foto. Tapi jangan kuatir, meskipun cuma bisa menyunting, kemampuan Android memungkinkan aplikasi ini bisa mengambil foto lewat kamera.

Nah, di artikel kali ini, kita akan mencoba satu aplikasi keren bernama SnapSeed yang dikembangkan oleh Nik Software Inc. Aplikasi ini sifatnya gratisan, jadi kamu bisa pakai sepuasnya tanpa dipungut biaya.Meskipun demikian, aplikasi ini tetap menawarkan beragam fitur terbaik untuk menyunting foto, dan hebatnya semua dilakukan tanpa kata ruwet. Bahkan bisa dibilang aplikasi ini memang didesain khusus untuk pemula. Efek yang bisa dibuat pun bukan cuma HDR, kamu juga bisa menyunting foto dengan beragam efek lain, termasuk melakukan penyempurnaan terhadap elemen foto.

Untuk membuat HDR menggunakan SnapSeed tidaklah sulit. Hanya dengan 5 langkah, kamu bisa menghasilkan foto HDR yang cantik. Penasaran bagaimana membuatnya? Unduh dulu SnapSeed-nya dan ikut langkah berikut ini:

t7-431-HDR-gb01

 

1. Buka aplikasi Snapseed. Pilih foto yang akan disunting. Caranya buka menu “Choose Photo” lalu pilih foto dengan warna dan pencahayaan yang baik serta berkarakter. Calon foto HDR yang baik memiliki komponen warna menonjol atau titik terang gelap yang beragam. Istilahnya foto memiliki dimensi, jangan flat.

 

 

t7-431-HDR-gb02

 

2. Setelah foto terpilih, sekarang kamu harus menggunakan fungsi filter di SnapSeed. Pilih saja dari deretan menu di bagian bawah untuk masuk ke filter Drama.

 

 

 

t7-431-HDR-gb03

 

3. Sekarang tap icon Favorite (Bintang) dan pilih filter Dark 2. Lanjutkan dengan tap pada gambar dan geser atas bawah, akan muncul slider “Filter Strength” dan “Saturation”. Pada gambar ini nilai Filter Strength diset pada +100 dan Saturation pada nilai +85. Tap tanda centang untuk konfirmasi dan akan kembali ke menu awal.

 

 

t7-431-HDR-gb04

 

4. Berikutnya Pilih “Tune Image”. Lanjutkan dengan men-tap pada gambar dan geser atas bawah, akan muncul slider setting. Masukkan nilai Brightness +50, Ambience +30, Contrast +10, Saturation -25 & White Balance +5. Silahkan atur dan coba-coba sesuai dengan selera kamu dengan cara menggeser nilai-nilai tadi. Tap tanda centang untuk konfirmasi dan akan kembali ke menu awal.

 

t7-431-HDR-gb05

 

5. Sampai sini proses penyuntingan gambar telah selesai, simpan hasil suntingan kamu. Tapi tunggu dulu, mengapa tidak coba untuk memamerkannya ke rekan-rekanmu? Kalau ingin melakukannya, tinggal tap icon share yang ada menu bagian atas SnapSeed.

 

 

 

Selamat mencoba!

 

Naskah: Ritchie Sebastian [[email protected]]

Yohannes Suwarto

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pengujian produk konsumer, termasuk notebook dan PC desktop.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.