Cukup 15 Detik Saja!

Cukup 15 detik, dan video singkat momen berarti-mu itu juga bisa memberikan arti bagi teman-teman kamu dan juga orang lain.

Berbagi sebuah pesan status tulisan di berbagai media jejaring sosial adalah “tradisi” baru bagi generasi saat ini. Namun tulisan tidak selalu bisa menjelaskan sebuah kejadian atau perasaan bukan? Maka muncullah  beberapa layanan jejaring sosial yang menonjolkan gambar, yaitu Pinterest. Bahkan Facebook, Twitter, dan G+ sudah memperkaya isi pesan yang dapat diunggah pemakainya.

Kreasi dalam membangun layanan jejaring sosial tidak berhenti di situ. Saat ini mulai menggeliat beberapa layanan jejaring sosial di mana kita dapat berbagi rekaman video dari ponsel kita. Walaupun hanya 15 detik, video singkat tersebut bisa memberikan arti bagi teman-teman kita atau bahkan orang yang belum kita kenal.

Dengan modal smartphone berbasis Android atau iOS, kamu dapat merasakan bagaimana berbagi video dan berinteraksi dengan yang lain pada satu wadah layanan. Cara kerja berjejaringnya serupa Twitter, bedanya isi pesan yang  dibagikan adalah video singkat.

Layanan jejaring sosial berbasis video ini tidak sama dengan YouTube. Jika kamu memiliki kanal di YouTube yang berisi video-video unggahan kamu, kanal tersebut seperti saluran frekuensi pada jaringan TV. Jika ada orang yang tertarik dengan kanal milikmu, ia dapat berlangganan. Selain itu pada YouTube setiap orang dapat melihat video yang terunggah (kecuali yang dibatasi) dan juga memberi komentar.

Nah, layanan jejaring sosial berbasis video yang akan kita coba kali ini merupakan gabungan dari mekanisme jejaring di Twitter dan mekanisme langganan video pada YouTube. Kamu dan temanmu atau orang lain dapat juga membalas sebuah video dengan video yang lain. Inilah yang menarik untuk dicoba.

Tout

Salah satu layanan jejaring sosial berbasis video adalah Tout. Tout singkatan dari Tout It Out! Secara sederhana penyedia layanan ini mengajak siapa pun untuk “mengintip” 15 detik momen yang dibagikan oleh setiap orang. Tout menyediakan aplikasi bagi Android maupun iOS, sehingga memiliki jangkauan yang lebih beragam.

Penasaran? Segera pasang aplikasi Tout dari Google Play untuk Android atau dari Apple AppStore untuk iDevice kamu, dan lanjutkan dengan mencoba langkah-langkah ini.

t10-431-cukup-gb11

 

1. Untuk masuk ke layanan Tout, kamu dapat menggunakan koneksi akun Facebook, Twitter, atau membuat akun baru di layanan Tout. Facebook atau Twitter akan meminta ijin akses dari kamu agar Tout dapat menggunakan layanan Facebook atau Twitter atas nama kamu.

 

 

t10-431-cukup-gb12

 

2. Setelah masuk, Tout menyediakan beberapa kategori atau kanal yang mengelompokkan para pemakai Tout. Dari tampilan awal, kamu dapat langsung tap tombol [Skip] untuk ke halaman utama yang menampilkan bagian Explore daftar anggota Tout yang populer.

 

 

t10-431-cukup-gb13

 

 

3. Seperti halnya di Twitter, kamu cukup tap tombol [+Follow] untuk mengikuti setiap status anggota yang terpilih. Jika ingin memunculkan daftar pilihan kategori dan menu lain, tap sekali lagi ikon Explore.

 

 

t10-431-cukup-gb14

 

4. Untuk memulai berbagi, tap saja ikon kamera bagian tengah bawah. Tap tombol [Tout] dan silakan merekam momem yang kamu inginkan selama 15 detik . Setelah 15 detik, Tout otomatis akan berhenti dan mempersilakan kamu mengisikan pesan. Tap [Submit] untuk mengunggah.

 

 

t10-431-cukup-gb15

 

5. Oleh karena ukuran video yang dikirimkan bisa jadi besar (tergantung pada kemampuan kamera), default Tout adalah mematikan pengunggahan otomatis. Jadi, tap bagian Me. Tout akan menampilkan daftar status yang pernah kamu unggah. Di kanan atas terdapat tombol [Queue]. Tap tombol tersebut untuk menampilkan daftar video yang berstatus pending. Tap dan geser tombol OFF menjadi ON untuk mengunggah.

 

6. Demikian selanjutnya kamu dapat melakukan interaksi dengan cara serupa. Jika ingin Logout, pada bagian Me, tap ikon Preference (roda bergerigi), dan tap item Logout.

 

Vine
Layanan serupa yang juga mulai banyak dilirik adalah Vine. Sayangnya aplikasi Vine saat ini hanya tersedia di peranti berbasis iOS. Vine telah menjadi milik Twitter pada Oktober 2012. Bagi kamu pemakai iOS, sepertinya Vine menjadi pilihan yang lebih praktis, apalagi jika kamu sebelumnya telah menjadi anggota Twitter.

Cobalah ikuti langkah-langkah berikut. 

t10-431-cukup-gb21

 

 

1. Vine menyediakan dua cara untuk masuk: melalui Twitter atau membuat akun baru sendiri. Disarankan kamu masuk ke Vine menggunakan akun Twitter.

 

 

t10-431-cukup-gb22

 

 

2. Setelah mentap tombol [Sign in with Twitter], kamu diminta membuat akun baru. Masukkan nama yang nilainya diambil dari Twitter, dan tap Done.

 

 

t10-431-cukup-gb23

 

 

3. Setelah berhasil masuk, Vine akan menampilkan daftar posting pesan terbaru dari semua anggotanya. Seperti halnya G+, jika mau kamu juga dapat langsung mengomentari setiap status.

 

 

t10-431-cukup-gb24

 

4. Untuk daftar menu, cukup tap ikon Home di kiri atas, dan tap Home untuk ke tampilan pertama, Explore untuk mencari, Activity untuk melihat daftar posting kamu, dan Profile jika ingin mengubah pengaturan dan biodata kamu.

 

 

t10-431-cukup-gb25

 

5. Jika ingin mengunggah video, tap tombol kamera di kanan atas. Perekaman dengan Vine cukup menarik. Tap dan tahan jarimu pada layar untuk merekam, dan lepaskan jarimu dari layar untuk berhenti. Demikian seterusnya sampai waktu 15 detik yang disediakan selesai. Setelah selesai, tap tombol Next dan berikan status, atau lokasi, dan tap tombol [Done].

 

Maka video kamu akan diunggah.

 

 

Naskah: Budi Susanto [[email protected]]

Yohannes Suwarto

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pengujian produk konsumer, termasuk notebook dan PC desktop.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.