Sheet Encryptor: Mengenkripsi Spreadsheet Excel

sheet encryptorSheet Encryptor adalah add-in untuk Excel yang dapat melindungi spreadsheet dan mengenkripsikan data yang dipilih. Ia bisa diprogram untuk membaca file dengan key file. Kamu harus menentukan lokasi key file diekstraksi, agar kamu bisa menerapkan enkripsi pada data yang kamu pilih.

Sheet Encryptor bisa diinstal pada MS Excel 2003, Excel 2007, dan Excel 2010. Unduhlah Sheet Encryptor di alamat: https://sites.google.com/site/sheetencryptor/home. Lalu ikuti langkah-langkah ini untuk mengenkripsikan spreadsheet:

  1. Untuk menginstal dan mengonfigurasikan add-in, jalankan file Sheet Encryptor.xlsm, lalu klik pada sheet KEY FILE, dan tentukan lokasi key file dengan mengklik Browse for file.
  2. Di samping sheet KEY FILE, kamu akan melihat berbagai sheet, di antaranya  POSITION, REGISTRY, dan SETTINGS yang berfungsi mengonfigurasikan pengaturan pada add-in.
  3. Setelah melakukan konfigurasi, simpan file Sheet Encryptor.xlsm, dan buka sheet Excel yang akan dienkripsi.
  4. Dari tab Add-ins, kamu bisa mengakses menu utama Sheet Encryptor.
  5. Klik tombol Sht Enc untuk mengakses menu utama. Kamu akan menemukan berbagai opsi, seperti Encrypt Entire Sheet untuk mengenkripsikan sheet, Decrypt Entire Sheet untuk mendekrip sheet, Generate Key File untuk membuat key file, dan Read Key File untuk membaca key file.
  6. Untuk mengenkripsikan data, pilih cell yang akan dienkripsi, lalu klik tombol Enc.
  7. Klik tombol Dec untuk mendekrip data yang tadinya dienkripsi.
  8. Klik tombol Yes pada kotak dialog Sht Enc untuk menjalankan proses enkripsi atau dekripsi yang telah kamu pilih.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.