Synology DiskStation DS415+, NAS Quad-core yang Dukung Enkripsi

synology -DS415bTAIPEI, PCplus – Butuh NAS server untuk memusatkan storage data, backup dan file sharing untuk UKM atau di rumah? Synology baru saja mengumumkan DiskStation DS415+. Ini adalah NAS server 4-bay untuk UKM dan pengguna rumahan.

Di dalam NAS server ini tertanam prosesor Intel Atom quad-core 2,4GHz dengan engine enkripsi hardware AES-NI, floating-point unit, juga RAM DDR3 2GB. Keempat drive bay-nya bisa menampung banyak data. Sementara port USB 3.0, USB 2.0, dan eSATA memungkinkan penggunanya mengoneksikan dan mengakses berbagai perangkat storage eksternal.

Dual LAN port-nya mendukung failover dan link aggregation, jadi bandel dan menjamin throughput.

“Berkat kombinasi best-in-class dari spesifikasi hardware dan integrasi software DSM, DS415+ menangani transfer data dan enkripsi secara cepat. Ini memberikan ketenangan pikiran bagi bisnis atau individu yang ingin mengamankan datanya tapi tanpa mengorbankan kinerja,” kata Michael Wang (Product Manager, Synology Inc.).

Sebagai model DiskStation desktop pertama yang menyertakan prosesor quad-core dan engine enkripsi hardware AES-NI, kinerja dan enkripsi data DS415+ diklaim setara dengan server high-end yang lebih mahal. Dengan link aggregation diaktifkan, DS415+ menawarkan kecepatan baca dan tulis rata-rata masing-masing 228 MB/s dan 233 MB/s. Sementara itu transfer file terenkripsinya disebutkan di atas 232 MB/s untuk baca dan 206 MB/s untuk menulis.

DS415+ juga dirancang efisien energi. Selama hibernasi hard drive, daya yang dibutuhkan hanya 17,3 watt, atau 46,2 watt pada penggunaan tertingginya. Artinya, tagihan biaya listrik penggunanya tidak akan gila-gilaan.

DS415+ dilengkapi DiskStation Manager (DSM) 5.0, yakni sistem operasi untuk NAS yang paling intuitif. Ia mendukung lingkungan virtualisasi yang menjalankan VMware, Citrix, dan Hyper-V.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.