Tetap Bugar Bersama Android

Mau tahu perkembangan berat badan kamu selama ini? Juga ingin tahu bagaimana kualitas tidurmu?

Tahukah kamu bahwa dengan ponsel pintar, kamu dapat memantau setiap aktivitas tidur dan perkembangan berat badan kamu setiap harinya. Bahkan, kamu yang suka olahraga jalan kaki atau lari dapat menggunakannya untuk mencatat jalur, waktu, dan juga jarak yang telah dilalui.

Kenapa aktivitas tidur dan berat badan harus dipantau? Hmm, agar kita tetap sehat, ada tiga hal penting yang perlu dilakukan dan dijaga, yaitu keteraturan olahraga, pola makan, dan kualitas tidur. Memang sulit untuk konsisten menjaga keteraturan ketiga hal tersebut. Namun sebaiknya diusahakan, sebab dapat mengurangi resiko darah tinggi, stroke, serangan jantung, dan mengurangi berat badan bagi penderita obesitas. Itu alasannya.

Nah untuk membantu kamu memantau keteraturan olahraga, berat badan, dan juga kualitas tidur, ada tiga aplikasi terbaik yang bisa kamu jalankan pada smartphone berbasis Android atau iOS. Aplikasi tersebut adalah RunKeeper, Libra Weight Manager, dan Sleep as Android.

 

RunKeeper

RunKeeper dapat dipasang dan digunakan secara gratis, pada Android atau iOS. Dengan RunKeeper, kamu dapat membuat pola latihan atau kegiatan rutin olahraga, target yang ingin dicapai, serta juga catatan kegiatan olahraga yang pernah dilakukan. Ini cara pakainya.

t9-431-bugar-gb01

 

1. Sebelum mulai menggunakan RunKeeper, kamu harus membuat akun. Masukkan nama, e-mail, password, beberapa data pribadi, dan informasi keahlian fitness kamu. Dengan akun ini, kamu dapat mem-backup catatan aktivitas kamu di server RunKeeper.

 

 

t9-431-bugar-gb02

 

2. Setelah akun dibuat, jika mau kamu dapat menentukan target yang ingin dicapai. Masuklah ke bagian Goals, tap ikon [+], lalu pilih sasaran yang ingin dicapai.

 

 

 

t9-431-bugar-gb033. Berikutnya tentukan pola latihan atau aktivitas olahraga kamu. Kamu dapat membuatnya sendiri atau mengikuti template latihan yang ada. Misal kamu ingin set jalan pagi 30 menit. Tap bagian START, lalu tap item [Workout] dan lanjutkan tap [Create New Workout]. Ketikkan “jalan pagi” pada Workout Name. Tap [Add Interval], dan ketikkan 30 menit. Beri tanda cek untuk Warm Up dan Cool Down yang akan memberi tanda 5 menit pemanasan dan pendinginan.

 

 

t9-431-bugar-gb044. Kembali ke halaman Start, kamu dapat memilih tipe aktivitas utama, misal Walking. Jika aktivitas dilakukan di luar ruangan, kamu dapat mengaktifkan GPS. Jika dilakukan dengan alat-alat fitness/olahraga lain, pilih Input Type dengan Manual, dan tentukan Gym Equipment. O ya, jika mengaktifkan GPS, tap tombol [Start Activity] agar RunKeeper bisa mencatat jalur dan waktu tempuh kamu berjalan. Jika memilih Manual, tap [Input Activity Data] untuk memasukkan data aktivitas.

 

t9-431-bugar-gb05

 

5. Setiap kali tombol [Start Activity] diaktifkan, RunKeeper akan menampilkan waktu, jarak, perkiraan pembakaran kalori.

6. Untuk mengakhiri aktivitas, tap tombol [Stop]. Selanjutnya kamu dapat memasukkan keterangan, dan tap [Save]. Setiap hasil aktivitas akan terekam pada bagian

 

Libra Weight Manager

Libra merupakan salah satu aplikasi yang dapat merekam jejak data berat badan kamu yang dimasukkan setiap hari. Berdasarkan data tersebut, Libra dapat menampilkan sebuah grafik yang membantu kamu melihat pergerakan berat badan untuk menjadi acuan ke target berat badan yang diinginkan. Sayangnya aplikasi ini hanya tersedia untuk Android. Begini pakainya:

t9-431-bugar-gb07

 

1. Pasang Libra Weight Manager pada smartphone Android, lalu masuklah ke menu Settings. Ubah satuan unit tinggi ke Meters, dan berat ke Kilograms. Sebaiknya masukkan juga data tinggi badan kamu agar berat badan normal bisa dihitung.

 

 

 

t9-431-bugar-gb08

 

2. Kembalilah ke tampilan utama yang telah memunculkan target berat badan (garis biru) dan batas berat badan normal (warna kuning).

3. Untuk memasukkan data berat badan, tap ikon [+]. Masukkan tanggal dan berat badan kamu. Jika sudah, tap tanda V di kanan atas untuk menyimpan.

 

t9-431-bugar-gb10

 

 

4. Pada tampilan utama, grafik akan menampilkan pergerakan berat badan kamu.

 

 

 

Sleep as Android

Aplikasi ini lebih cerdas daripada alarm biasa yang sering kita gunakan. Selain menentukan timer waktu untuk bangun, Sleep as Android akan mendeteksi gerakan dan suara dengkur selama kita tidur. Aplikasi ini berbayar US$ 2,20 dan kita diberi waktu percobaan selama 14 hari.

Pada prinsipnya Sleep as Android mencoba membangunkan kamu tidak di saat kamu sedang tidur lelap (ditandai dengan sedikit gerakan). Ia akan membangunkan kamu saat tidur kamu ringan (ditandai banyak gerakan). Begini cara pakainya:

t9-431-bugar-gb11

 

1. Tentukan waktu alarm untuk membangunkan kamu. Tap [+] pada bagian ALARMS. Masukkan waktu bangun, pengulangan hari untuk timer, lagu yang dimainkan saat tidur (Playlist), label.

 

 

 

t9-431-bugar-gb12

 

2. Untuk grafik, tap bagian GRAPHS, dan tap [+]. Tentukan waktu awal perekaman (awal tidur) dan akhir, serta pilih harinya (jika berulang).

3. Sekarang silakan letakkan smartphone di isamping tempat tidur. Dan biarkan aplikasi membangunkanmu dengan sopan!

 

 

Naskah: Budi Susanto [[email protected]]

Yohannes Suwarto

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pengujian produk konsumer, termasuk notebook dan PC desktop.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.