Wah, Kecepatan USB akan Digandakan ke 10Gbit/s

usb-cableBEIJING, KAMS – Diam-diam kelompok di balik standar USB telah mengembangkan sebuah spesifikasi yang akan menggandakan kecepatan USB dari 5Gbit/s menjadi 10Gbit/s. Penggandaan kecepatan USB ini mungkin akan menantang teknologi proprietary Intel Thunderbolt yang jalan pada kecepatan sama, tetapi mendukung dua jalur per port.

Pada IDF (Intel Development Forum) yang berlangsung di Beijing, presiden USB Implementers Forum (USB-IF) Jeff Ravencraft menyebutkan bahwa spesifikasi baru itu sudah hampir selesai dan akan siap pada bulan Juni mendatang. Namun kita harus menunggu sembilan bulan sebelum discrete controller pertama tersedia secara komersial. Jadi mungkin baru pada tahun 2015 standar baru itu diintegrasikan dalam chipset.

Standar baru yang belum diberi nama itu akan membutuhkan kabel baru. Kabel all-in-one tersebut mampu menangani standar baru dan pengantaran daya. Kabel itu juga kompatibel ke belakang dengan standar-standar USB sebelumnya.

Ravencraft juga menyebutkan bahwa masih ada ruang bagi standar tersebut untuk meningkatkan kecepatan sampai 20Gbit/s.

Untuk standar baru ini USB-IF akan mengetatkan penggunaan logo. Jadi hanya perusahaan yang tersertifikasi produk USB-nya yang boleh menggunakan logo standar baru tersebut.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: