Dua Multifungsi Inkjet Canon Bekalkan Tinta dan Baki Kertas Lebih banyak

canon pixma mx927
Canon PIXMA MX927

JAKARTA, SELASA – Dua printer multifungsi baru – PIXMA MX 727 dan PIXMA MX927- telah diperkenalkan Canon melalui distributornya, PT Datascrip, di Jakarta tadi siang (28/5/2013). “Yang ini menekankan kemudahan dan lebih untuk bisnis,” kata Irene Lau (Executive, Product Marketing Dept., REG CSP Sales & Marketing Division, CII Products Group, South & Southeast Asia, Canon Singapore Pte Ltd).

Hal paling menonjol di kedua printer inkjet berkemampuan cetak, scan, fax dan fotokopi itu, tutur Irene, ada dua. Pertama, kedua printer tersebut kini dibekali double front paper cassette berkapasitas besar, atas dan bawah “Bisa menampung sampai 250 lembar kertas, yang dulunya hanya tersedia di printer mid dan high level,” kata Irene.  Kamu bisa mengisi kedua baki kertas tersebut dengan ukuran kertas yang berbeda sekaligus agar tak repot mengganti kertas secara manual saat akan mencetak.

canon pixma mx927 xxl inkHal menonjol kedua adalah pilihan tanki tinta. “Sekarang ada tiga, standar dengan kapasitas cetak 300 halaman, XL untuk 500 halaman dan XXL untuk 800 halaman,” kata Irene.Tinta berkapasitas XXL ini adalah tinta hitam berbasis pigmen,  PGI755 Black yang 2,6x lebih banyak dari kapasitas standar.

canon-pixma-adfFitur yang juga  banyak dicari di printer multifungsi, menurut Heru Chandra (Division Manager Canon Care, PT Datascrip), adalah ADF (auto duplex feeder). MX927 dan MX727 menyertakan ADF dengan kapasitas 35 lembar kertas untuk mendukung kegiatan cetak, scan dan fotokopi. “Bisa bolak-balik.” Kata Heru.

Lalu berapa kecepatan cetaknya? Kalau kamu cetak foto 4×6”, waktu yang dibutuhkan 21 detik. Tapi kalau kamu mencetak dokumen hitam-putih, kecepatannya adalah 15ipm (image per minute) atau 10ipm untuk dokumen berwarna.

Sementara itu kualitas cetak dijaga Canon melalui teknologi FINE (Full-photolithography Inkjet Nozzle Engineering) yang mampu mencetak sampai 9600×2400 dpi dengan tetesan tinta sekecil 1pl. Pencetakan dilakukan dengan dua tipe tinta: dye untuk gradasi warna dan pigmen untuk teks hitam. Ada lima tanki warna tinta yang dipakai: PGI750 Black, dan CLI751 Black/Cyan/Magenta/Yellow.

O ya kedua seri printer juga mampu mencetak autoduplex alias bolak-balik dan dari jaringan. Alhasil kamu tak perlu repot memasukkan kembali kertas untuk mencetak atau fotokopi bolak-balik. Kalau kamu mau mencetak label atau gambar ke atas permukaan CD/DVD juga bisa. Tapi ini hanya dapat dilakukan di MX927 yang mengemaskan fitur Direct Disc Print.

Canon_PixmaMX727Mau cetak tanpa kabel? Bisa juga. MX927 dan MX727 punya fitur Wi-Fi (802.11b/g/n). Jadi kamu bisa mencetak dari mana saja, tanpa terhubung ke PC.  Agar dokumen tampil lebih cantik, silakan gunakan Web online template. Mau menggunakan smartphone  atau tablet untuk mengendalikan printer dan mencetak dokumen yang tersimpan di perangkat mobile itu? Ada Google Cloud Print.Kamu juga boleh men-scan dokumen atau foto langsung ke smartphone.

 

Jangan pula sungkan mengakses opsi cetak dari PIXMA Cloud Link (except for MX457) dan layanan Creative Park Premium yang memungkinkan kamu mencetak tanpa PC. Jika terkoneksi dengan layanan eksklusif Canon di atas, kamu bisa menjelajahi rangkaian template melalui layar LCD printer (3” di MX927 dan 2,3” di MX727), lalu langsung mencetaknya.

O ya, terkait dengan kemampuan fax, ada kesederhanaan tombol di kedua  multifungsi ini. Yakni tombol bisa disesuaikan dengan situasi. Maksudnya, tombol akan tampil berupa anak panah yang mempermudah navigasi, tapi akan berubah menjadi angka kalau menu fax aktif. Jadi tak ada banyak tombol yang memakan tempat di MX927 dan MX727.

Printer multifungsi Canon ini dijual dengan harga berikut:

–          PIXMA MX927 Rp 2,625 juta

–          PIXMA MX727 Rp 2,25 juta

Sementara itu harga cartridge tintanya sebagai berikut:

–          PGI750 Black: Rp 148 ribu untuk kapasitas Standard, Rp 195 ribu untuk XL, Rp 235 ribu untuk XXL

–          CLI751 Black, Cyan, Magenta, Yellow masing-masing Rp 132 ribu untuk kapasitas Standard dan Rp 172 ribu untuk kapasitas XL

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: