Wah, Ada Lionel Messi, Ronaldo dan FC Barcelona Gadungan

messiJAKARTA, SENIN – Penggemar sepakbola kini menjadi incaran peretas yang berniat menipu (phisher). Popularitas Lionel Messi, FC Barcelona, dan Cristiano Ronaldo dimanfaatkan peretas untuk meminta para penggemar Messi, Ronaldo dan FC Barcelona memasukkan info loginnya pada halaman profil di Facebook (FB). Kendati menampilkan gambar-gambar Lionel Messi, FC Barcelona, Cristiano Ronaldo , halaman FB itu palsu, bukan halaman resmi Messi, Ronaldo, atau FC Barcelona.

Sepintas, halaman FB itu memang mirip asli. Beberapa situs dijuduli “Situs jejaring sosial pertama di dunia”. Kalau info login kamu masukkan, kamu akan diarahkan kembali ke halaman komunitas Lionel Messi, FC Barcelona atau Cristiano Ronaldo yang sah. Jadi kesannya login itu valid bukan? Padahal kamu sudah menjadi korban phisher yang mencuri informasi untuk tujuan pencurian identitas.

Strategi pencurian identitas ini diungkap Symantec Security Response dan terus berlanjut di bulan April 2013. Menurut Symantec, situs phishing berasal dari situs penyedia web gratis di Perancis.

Nah, agar tidak terkena serangan phishing, kamu disarankan untuk tidak mengklik tautan yang mencurigakan dalam e-mail. Jangan mentang-mentang menarik, kamu langsung mengklik sebuah tautan di e-mail maupun di jejaring sosial. Jangan pula memberikan informasi pribadi apa pun saat menjawab e-mail, atau di layar pop-up. Selain itu pastikan kalau website terenkripsi dengan sertifikat SSL (ada https, atau address bar berwarna hijau ketika info pribadi atau keuangan dimasukkan). Pakai juga software sekuriti berfitur lengkap, seperti Norton Internet Security atau Norton 360, sebagai pelindung dari phishing dan penipuan jejaring sosial.

 

Kalau menemukan web dan e-mail palsu di Facebook, kirimkan keluhan penipuan ke [email protected].

 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.