Intel Haswell Resmi Hadir di Indonesia

IntelHaswell-1k

Jakarta, Selasa – Intel secara resmi meluncurkan Prosesor Core generasi keempatnya yang dikenal dengan codename Haswell. Bersama berbagai partner Intel, prosesor generasi terbaru ini ditujukan untuk memenuhi keinginan konsumer yang terus berkembang. “Konsumer sudah berubah dalam segi apa yang diinginkannya, bagaimana mereka menggunakan aneka peranti, sebagian smartphone, sebagian tablet, dan sebagian lagi PC. Adalah tugas kami untuk memberikan sesuatu yang hebat. Kami percaya dengan prosesor Core generasi keempat, kami telah memberikan sesuatu yang hebat,” ujar Uday Marty, Managing Director Intel South East Asia.

Melihat smartphone, tablet, dan PC “tradisional” disebut, mungkin kamu bertanya-tanya mengenai peruntukkan Intel Haswell ini. Intel Haswell memang ditujukan untuk berbagai peranti, mulai dari tablet sampai desktop bahkan server. Hanya smartphone yang belum. “Ini mewakili keluarga produk yang paling scalable untuk kami sampai saat ini. Ini berarti kami hanya punya satu keluarga produk yang bisa memiliki konsumsi daya sangat rendah untuk aneka peranti detachable layar kecil yang tadi saya bicarakan dan bisa menjadi pengganti tablet, sampai 95W yang ada di dektop untuk enthusiast,” jelas Uday Marty lebih lanjut.

Untuk peranti mobile, Intel menawarkan sejumlah fitur pada prosesor Core generasi keempatnya. Satu yang paling dibanggakan Intel adalah konsumsi daya yang lebih rendah. Ini berarti umur baterai yang lebih panjang. Untuk prosesor Intel Core generasi keempat seri U yang biasanya dipakai di Ultrabook, total dayanya (prosesor + PCH/northbridge) diklaim Intel sebesar 15W. Nilai ini turun dari generasi sebelumnya yang 20W. Pada sejumlah peranti, penggunaan Intel Haswell bahkan diklaim memberikan waktu untuk bekerja sampai 12 jam, hampir 2x generasi sebelumnya yang memberikan 6 sampai 7 jam.

IntelHaswell-2k
“Semua kinerja hebat dan umur baterai yang panjang itu akan hadir buat kamu dalam form factor yang sexy, tipis, dan ringan yang belum pernah kamu lihat sebelumnya,” tegas Uday Marty, Managing Director Intel South East Asia.

Hadirnya Intel Haswell juga memberikan opsi grafis terintegrasi yang jauh lebih bertenaga lewat Intel Iris dan Intel Iris Pro. Iris dan Iris Pro adalah nama yang diberikan Intel pada dua varian tertinggi grafis terintegrasi pada Haswell. Dengan Iris, Intel mengklaim kinerja grafis terintegrasi Ultrabook yang memakainya > 2x kinerja grafis terintegrasi generasi sebelumnya. Adapun varian lain tetap menggunakan Intel HD Graphics yang diikuti 4600, 4400, atau 4200 dan Intel HD Graphics saja. Sayangnya, untuk kamu yang ingin merakit PC desktop sendiri, Intel Iris dan Intel Iris Pro ini tidak tersedia. Mereka hanya tersedia untuk laptop dan PC AiO (All in One).

Bagi PC desktop yang tidak sesensitif peranti mobile dalam hal konsumsi daya, prosesor Intel Core generasi keempat utamanya memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Bahkan, khusus PC AiO yang diprediksi Intel akan semakin populer, adanya opsi Intel Iris Pro yang memiliki embedded DRAM (embedded DRAM hanya tersedia pada versi Pro ini) memungkinkannya menawarkan kinerja grafis terintegrasi yang melonjak jauh.

Cakra

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pada pengujian perangkat elektronik seperti motherboard, prosesor dan komponen lain.