NUC, PC Kecil Tapi Cabe Rawit

[section_title title=Sepintas Tentang Intel NUC]

Intel NUC (warna merah) yang didapuk sebagai PC desktop paling mungil | PCplus Live / Brama
Intel NUC (warna merah) yang didapuk sebagai PC desktop paling mungil | PCplus Live / Brama

Beberapa hari belakangan, saya sedang mengujicoba perangkat Intel Next Unit of Computing (NUC) board yang baru. Bahkan di kotaknya masih tertulis Pre-Production Engineering Sample. Jadi masih berbentuk contoh produksi, belum di produksi, bahkan mungkin belum di jual secara luas.

Jika dirangkum dalam beberapa patah kata, maka Intel NUC yang saya gunakan merupakan komputer kecil-kecil cabe rawit dengan kemampuan kira-kira 75% dari Server Quad Xeon E31220.

Sepintas tentang Intel NUC.

intel-nuc-5Intel NUC merupakan komputer Desktop yang amat sangat kecil. Ukurannya sekitar 11cm x 11cm x 4cm sehingga bisa di genggam tangan dengan mudah. Mungkin cukup tepat kalau disebut sebagai komputer genggam hehehe…

Tampilan luar Intel NUC sangat kompak sekali. Bahkan dilengkapi pengait untuk di tempelkan di belakang layar TV digital / monitor. Adaptor yang digunakan adalah adaptor laptop biasa, dengan tegangan 19V dengan daya 65W.

Untuk sambungan ke dunia luar, Intel NUC dilengkapi dengan tiga buah USB port. Dua buah merupakan USB 2.0 sedang satu buah USB 3.0 jadi bisa melakukan transfer data kecepatan tinggi sekali. Kita dapat memasukan keyboard & mouse USB untuk mengoperasikan Intel NUC tersebut.
intel-nuc-3
Konektor LAN yang digunakan adalah Gigabit Ethernet. Saya cek menggunakan ethtool perangkat ini mempunyai kemampuan auto negotiation 10Mbps / 100Mbps / 1000Mbps secara full duplex, jadi sangat cepat sekali.

Dalam badan Intel NUC terpasang antena Wifi yang dapat digunakan untuk sambungan Internet nirkabel ke fasilitas hotspot.

Yang cantik dari Intel NUC adalah ketiadaan konektor VGA. Yang ada adalah konektor HDMI built in Intel® High Definition Audio 2 subsystem dengan konfigurasi 8-channel (7.1) digital audio melalui output HDMI 1.4a. Artinya kita dapat menggunakan TV Digital dengan sambungan HDMI sebagai monitor. Bagi  yang masih menggunakan VGA, dapat membeli adapter HDMI ke VGA dan ini juga berjalan dengan baik.

Intel NUC mempunyai dua slot SO-DIMM untuk memori 1333/1600MHz dengan kapasitas sampai 16GB. Kebetulan Intel NUC yang saya coba menggunakan memori 8GB.
intel-nuc-2
Harddisk Intel NUC merupakan hard disk generasi masa depan, menggunakan Solid State Drive (SSD) 32GB, jadi bukan hard disk mekanik yang dipasang menggunakan konektor mSATA.

Onno W. Purbo

Pakar teknologi informasi Indonesia yang banyak menelurkan buku-buku teknologi populer seperti TCP-IP, VOIP, dan sebagainya.