Idul Fitri, Pengguna Data Lebih Tinggi Dibanding Telepon dan SMS

JAKARTA, PCplus – Pengguna ponsel  makin suka menggunakan internet ketimbang jalur suara atau layanan pesan singkat (SMS) di perangkatnya. Ini terlihat dari peningkatan jumlah pengguna data selama hari raya Idul Fitri kemarin oleh pelanggan Indosat.

Dalam rilis yang dikirim ke PCplus Live, Indosat menyebut ada peningkatan penggunaan jalur komunikasi data hingga 53,34% dibandingkan hari raya yang sama tahun kemarin.  Sementara penggunaan jalur suara justru turun 10,13% dibanding tahun lalu. Begitu pun dengan lalu-lintas pesan singkat, Indosat mencatat penurunan sebesar 4,46% jika dibandingkan dengan jumlah SMS yang dikirim pada hari H lebaran tahun lalu.

Kendati mengalami penurunan , pengguna SMS tahun ini tetap menunjukkan peningkatan jika dibanding dengan hari biasa (bukan hari raya). Ada peningkatan trafik sekitar 979 juta SMS atau naik 20,2% pada hari H lebaran, sedangkan lalu lintas data meningkat ke angka 68,36 terabyte per hari  atau naik 22,67% dibanding hari biasa. Satu-satunya yang turun adalah panggilan suara yang cuma menyentuh angka 340,96 juta menit atau turun 8,88% dibanding hari biasa.

Untuk mengatasi membludaknya pengguna pada hari raya seperti ini, Indosat melakukan sejumlah langkah antisipasi. Selain dengan modernisasi jaringan peningkatan  kapasitas jalur komunikasi juga dilakukan Indosat. Di jalur suara misalnya terjadi peningkatan kapasitas jalur menjadi 1,080 juta menit per hari, begitupun dengan jalur SMS dan data yang masing masing ditingkatkan menjadi 1,45 miliar SMS per hari dan 150 terabyte per hari.

Kekuatan jalur ini disiapkan Indosat untuk melayani 56,5 juta pelanggannya yang tercatat hingga semester I 2013.

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

%d bloggers like this: