Intel Developer Forum 2013: Bay Trail Resmi Meluncur

oejgsrmySan Francisco, PCplus – Hari kedua gelaran Intel Developer Forum (IDF) 2013, Intel secara resmi mengenalkan system on chip (SoC) terbarunya yang ditujukan untuk perangkat mobile, namanya Bay Trail.

Prosesor yang ada dalam chip Bay Trail ini berbasis arsitektur baru Silvermont yang pernah diperkenalkan Intel sekitar bulan Mei 2013 lalu. Chip ini dibuat dengan menggunakan proses produksi 22 nm dengan teknologi tri-gate.

Intel akan merilis chip Bay Trail ini untuk tiga kelas. Variannya sendiri bakal tersedia untuk beragam platform, seperti tablet dan smartphone, notebook, serta desktop.

Intel Atom Z3000 adalah lini SoC terbaru berbasis Bay Trail yang akan digunakan pada perangkat-perangkat seperti smartphone dan tablet. Chip ini merupakan chip pertama dari Intel yang memiliki konfigurasi multi core yang mampu menghasilkan kinerja yang tinggi, baik untuk kinerja komputasi maupun grafis. Selain itu, Chip ini juga memiliki konsumsi daya yang irit untuk daya tahan baterai yang lebih lama. Intel mengklaim, Perangkat yang menggunakan chip ini akan mampu bertahan selama 10 jam untuk penggunaan aktif, serta waktu standby hingga 3 minggu.

Selain Atom Z3000, Intel juga telah menyiapkan varian chip Bay Trail lain untuk notebook dan desktop yang akan hadir dalam lini Celeron dan Pentium nantinya.

Steven Irwandi

.

%d bloggers like this: