Membuat Screen Saver Dari Foto

trik2Biasanya, jika kamu menginstal sebuah screen saver, kamu nyaris tidak perlu membuat pengaturan apapun. Cukup pilih screen saver yang baru kamu instal di daftar Screen Saver, dan screen saver pun siap bekerja dalam interval waktu yang telah ditentukan.

Kalau selama ini kamu selalu tergantung dengan hasil karya orang lain, sekarang kamu bisa membuat sendiri screen saver dari foto-foto digital kamu plus animasinya. Cara pembuatannya cukup mudah. Ikuti saja langkah-langkah berikut:

  1. Klik “Start > All Programs > ACD Systems > ACDSee” untuk menjalankan program ACDSee.
  2. Pada jendela utama program, klik menu “Tools > Configure Screen Saver…”.
  3. Klik “Add…” untuk menambahkan foto-foto yang bakal dijadikan screen saver.
  4. Setelah itu, pilih file foto dari harddisk dan masukkan ke dalam Chosen items, dengan cara mengklik tombol “Add”. Ulangi langkah ini hingga semua file foto pilihan kamu ada dalam daftar. Setelah semua selesai, tekan “OK”.
  5. Untuk mengatur transisi antar gambar, klik tombol “Configure…”. Di sana kamu akan melihat beragam pengaturan efek transisi antar gambar disertai preview hasil dari pilihan kamu. Pilihlah sesuai dengan selera kamu.
  6. Jika telah selesai, tekan “OK” lalu “OK” sekali lagi.

Kini tiba saatnya kamu menjadikan screen saver buatan kamu menjadi screen saver sistem. Caranya, klik kanan di area kosong desktop, pilih “Properties”, tekan tab “Screen Saver”, lalu pilih “ACDSee Screen Saver” pada daftar Screen Saver. Tekan “OK” untuk menyimpan perubahan