Dalam Empat Bulan, Pengguna ChatON Berlipat Ganda

chaton2SEOUL, SELASA  –  Usianya pas dua tahun bulan ini. Namun penggunanya di seluruh dunia sudah mencapai lebih dari 100 juta. Begitu siar Samsung Electronics Co. Ltd. tentang aplikasi mobile messenger-nya. Padahal Mei lalu, pengguna ChatON baru berjumlah 50 juta.

Pesatnya pertumbuhan pengguna ChatOn ini tak lepas dari luasnya platform aplikasi besutan Samsung ini. ChatON tersedia tidak hanya di platform ponsel/smartphone, tapi juga PC. Di Android, iOS, BlackBerry sampai Windows Phone, mobile messenger yang mendukung multi-screen ini bisa diaktifkan.  Berbekal satu akun ID Samsung, kamu bisa sign-in  ke lima perangkat yang berbeda. Kamu juga bisa mengundang teman-teman nimbrung ngobrol di ChatON dari Facebook, Twitter dan Weibo. Update status bisa dikirimkan ke teman-teman untuk dilihat dan dikomentari, termasuk dibikinkan ranking-nya.

Samsung memang piawai mendongkrak popularitas aplikasi mobile messenger-nya dengan personalisasi lokal. Di negara-negara Timur Tengah misalnya, disajikanlah fitur Anicon Ramadhan yang terbukti mampu mendongkrak popularitas ChatON.

Aplikasi ChatON pun bisa digunakan dalam bahasa ibu masing-masing di banyak negara Total tersedia 63 pilihan bahasa bagi pengguna ChatON di 237 negara. Di India misalnya, ChatON punya layanan 10 bahasa dialek, dan direncanakan akan ditambah tiga dialek lain pada akhir tahun ini.  India, Cina dan AS adalah wilayah yang mencatatkan pertumbuhan stabil bagi ChatOn.

Faktor penting lainnya, ChatON yang meluncur resmi pertama kali pada Oktober 2011 ini sudah built-in di sebagian besar perangkat besutan Samsung, yakni tipe Galaxy.  Aplikasi ini tertanam di Galaxy S III, Galaxy Note II, Galaxy S4, Galaxy Note 3, Galaxy Gear dan Galaxy Camera.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer