Hati-hati Dengan Video Dugem Manohara Ini

virus facebook manohara-2
Salah satu contoh status jebakan dari time line Facebook (dok. Vaksincom)

Jakarta, PCplus – Tiba-tiba ada “tawaran” menarik dari time line seorang teman di Facebook. Isinya sebuah link untuk membuka situs yang isinya video dugem artis Manohara, lengkap dengan gambar si artis dengan pakaian seksinya.

Kalau yang tidak hati-hati, link ini pasti dikliknya. Lalu si pengeklik akan dibawa ke sebuah blog yang berisi gambar si artis lengkap dengan perintah untuk mengeklik kembali gambar untuk melihat video yang dijanjikan. Jika diikuti, kamu sudah masuk perangkap, time line Facebook mu pun akan dimanfaatkan untuk menyebarkan link yang sama tanpa kamu ketahui.

Seperti yang dilaporkan perusahaan keamanan Vaksin.com dalam rilisnya ke PCplus, scam baru ini cukup cerdas karena sama sekali tidak butuh persetujuan pemilik akun untuk melakukan sharing ke time line-nya. “Menurut pengamatan Vaksincom, trik ini cukup berbahaya karena mampu menembus perlindungan posting pada wall pemilik akun yang selama ini aman dari posting yang tidak diinginkan asalkan tidak pernah tergiur untuk menyetujui sharing gambar / tautan atau menyetujui instalasiFacebook apps,” tulis Alfons Tanujaya (Vaksinis senior, Vaksincom) dalam laporannya.

Nah, ada baiknya kamu menghindari tautan seperti ini yang diberikan oleh teman atau keluarga lewat time line Facebooknya. Tapi kalau sudah kadung diklik  Alfons memberikan trik ampuh untuk menghilangkannya.

“Yang perlu anda lakukan adalah menghapus rekomendasi tersebut dengan melakukan klik drop down di pojok kanan atas pada tautan yang anda rekomendasikan dan pilih [Delete] untuk menghapus rekomendasi tersebut. Tidak ada aplikasi / apps Facebook atau Extensions browser yang perlu dibuang pada kasus Manohara ini,” jelas Alfons.

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.