Layar Smartphone Samsung ini Melengkung

samsung GalaxyRoundSEOUL, SENIN – Layar smartphone umumnya rata. Namun tidak demikian dengan Samsung Galaxy Round. Smartphone dengan layar Full HD 1080p Super AMOLED 5,7” ini berlayar lengkung. Ini merupakan layar lengkung (curved) pertama di dunia untuk smartphone. Sekadar info, sebelumnya Samsung  sudah membesut layar lengkung untuk TV OLED-nya.

Apa sih fungsi layar lengkung di smartphone? Hmm, kata Samsung, kelengkungan itu menyebabkan handset dengan ketebalan 7,9mm dan bobot 154 gram ini pas di lengkungan tangan saat digenggam. O ya, kendati layarnya lebar, Galaxy Round ini bisa dioperasikan dengan satu tangan.

Untuk menambah fungsionalitasnya, Samsung telah menyertakan fitur yang disebutnya “Roll Effect.” Jadi kalau ponsel ini kamu letakkan di permukaan yang datar, kamu akan bisa melihat semua informasi penting seperti daya tahan baterai,panggilan yang tak terjawab, tanggal dan waktu di ujung layar hanya dengan memiringkan handset itu di sumbunya. Ini berlaku ketika home screen-nya ‘mati’ maupun aktif.

Selain itu ada Gravity Effect. Yang ini aktif ketika handset digoyang dengan jemari.  Maka akan hadir antarmuka berfokus musik Bounce UX. Kendali akan musik bisa dilakukan pun ketika handset mati tapi pemutar musiknya jalan. Tinggal tekan perlahan ke arah kiri untuk memutar lagu sebelumnya, atau ke kanan untuk lagu berikutnya. Untuk gambar dan video, ada fitur Side Mirror yang memberikan akses ke daftar isi album jika handset dimiringkan ke kiri dan kanan.

samsung galaxy round blkgDari sisi spesifikasi, Galaxy Round mumpuni: prosesor quad-core MSM 8974 2,3GHz, RAM 3GB, storage internal 32GB, slot microSD (maks. 64GB), baterai 2800mAh, kamera belakang 13 megapiksel dengan otofokus dan flash, kamera depan 2 megapiksel.

Sementara ini Samsung Galaxy Round baru tersedia di Korea Selatan dalam warna Luxury Brown. Smartphone berlayar lengkung ini dijual 1,09 juta Won, atau setara dengan US$ 1013

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: