Samsung Galaxy Note 3, Semakin Nyaman dan Bermanfaat

GALAXY Note 3JAKARTA, KAMIS  – Samsung memperkenalkan Galaxy Note untuk pertama kalinya ke dunia tahun 2011. Ketika itu perangkat ini digelari sebagai all-in-one smartnote dengan penekanan pada layar yang besar. Tahun berikutnya, 2012, hadir penerusnya Galaxy Note 2. Yang ini dislogani creativity for all. Tahun ini dibesutlah Galaxy Note 3 dengan motto design your life.

“Yang ini sangat mudah dan praktis, sangat terpakai,” ucap Febri Rusli (Mobile Phone Business, Product Marketing Manager, Samsung Electronics) saat memperkenalkan Galaxy Note 3 dan Galaxy Gear di Jakarta pekan lalu (26/9/213). Galaxy Gear yang berwujud jam tangan pintar itu ditujukan untuk menjadi pendamping Galaxy Note 3.

Di Galaxy Note 3-nya, layar full HD Super AMOLED mendominasi dengan ukuran 5,7” dan resolusi 1920×1080 (386ppi, meningkat dibandingkan Note 2 yang 267ppi).  Dalam badan Note 3yang berdimensi 15,12×7,92×0,83 cm itu Samsung menanamkan prosesor Snapdragon 800 quad-core 2,3GHz, RAM 3GB, dengan sistem operasi Android Jelly Bean 4.3.

GALAXY Note 3 (back)Secara desain, Note 3 yang berbobot 168 gram itu tak beda dengan pendahulunya, Note 2. Namun Note 3 tampil lebih premium dengan badan belakang bertekstur, mirip pola kulit, tapi sebenarnya merupakan polikarbonat. 

Memberdayakan Pena

Di bagian belakang Note 3, kamu akan melihat speaker, jack mick dan port micro- USB 3.0 (untuk charging baterai). Untungnya kamu tak perlu beli kabel micro USB 3.0 yang baru, cukup pakai kabel micro-USB 2.0 yang ada. O ya di perangkat ini kamu juga akan menemukan jack audio 3,5mm dan IR blaster, persis seperti di Galaxy S4.

Di bagian bawah kamu juga akan menemukan ‘sarang’ S Pen, stylus Galaxy Note 3. Berbeda dengan versi sebelumnya, stylus ini dilengkapi tombol di tengah badannya.  S Pen inilah pengganti jemarimu.

Artinya kamu tak perlu lagi bergantian menyapukan stylus dan ujung jemari di layar sentuh Note 3. Cukup gunakan stylus tersebut. Sejumlah aplikasi telah dibenamkan Samsung khusus untuk penggunaan S Pen, yakni S Voice, S Planner dan lain-lain. Selain itu ada S Health, Samsung Hub, Samsung Link dan ChatON.

 

Action Command

Salah satu yang menarik di Note 3 terkait dengan S Pen adalah Action Command. Keluarkan S Pen dari sarangnya, lalu ambangkan di atas layar. Sim salabim di layar muncul lingkaran pop-up dengan lima tawaran: Action Memo, Scrap Booker, Screen Write, S Finder dan Pen Window.

Mari kita lihat satu per satu dulu. Kita mulai dengan Action Memo. Ambangkan pena di atas menu Action Memo, lalu tekan tekan tombol di S Pen untuk mengaktifkannya. Berikutnya, mulailah menulis dengan pena itu, misalnya nomor telepon atau e-mail, ke layar, lalu klik “link to action”. Maka coretanmu akan ditindaklanjuti ke aplikasi terkait.

Lalu apa itu Scrap Booker? Begini. Kalau kamu lagi menjelajah web dan melihat sesuatu yang kamu suka atau image di app, aktifkan saja Scrap Booker, lingkari objek yang tadi kamu suka, dan itu akan disimpan ke scrapbook pribadimu. Seperti kliping deh. Kamu bisa menambahkan memo dan tag ke gambar, juga mengaturnya ke kategori-kategori yang berbeda, mirip di Evernote. Semua klipingmu bisa dilihat di perangkat lain dengan Samsung viewer app.

Screen Write mirip Scrap Booker, tapi lebih sederhana. Coba saja pilih dan Note 3 akan memotretkan isi layar dan membukanya di editor yang sederhana. Kamu bisa menuliskan catatan dan pesan di atas gambar tadi, meng-crop-nya, lalu berbagi (share) hasilnya.

Pen Window lebih sederhana lagi, sesuai namanya ya berarti jendela. Silakan gambar segi empat (alias jendela), maka menu dari apps yang kompatibel (YouTube, Calculator, Browser, dll) akan tampil di dalamnya. Pilih salah satu dan ia akan terbuka di jendela yang kamu gambar tadi. Ya, inilah cara bagus untuk multitasking dan membuka banyak jendela. Semua jendela ini bisa diperkecil, dipindahkan, dibuka kembali, dan juga dipulihkan ke ukuran aslinya.

Dengan menekan tombol di S Pen, kamu juga bisa melingkari gambar atau teks yang kamu pilih, lalu langsung menempatkanya di salah satu aplikasi yang hadir di tray: Scrapbook, Evernote, Gmail dan Hangouts.

S Pen juga bisa dipakai untuk mengintip (preview) item-item yang ada di Gallery (pakai Air View). Ambangkan pena di atas gambar, lalu klik tombol S Pen, maka akan hadir tawaran untuk membingkai, men-crop, menyunting dan berbagi gambar.

Aplikasi Baru

Ada aplikasi baru di dalam Note 3, yaitu My Magazine.  Ini, jelas Febri, adalah Flipboard yang didesain khusus untuk Samsung. Untuk mengaksesnya, sapukan pena dari bawah layar, atau tekan tombol home ketika berada di home screen.

Kalau ini pertama kalinya My Magazine dibuka, kamu akan disambut dengan splash screen cantik sebelum sebuah quick setup. Kamu bisa memilih untuk menerima news dari beragam kategori, mulai dari business, design, movies, sports dan technology. Dengan cara sama, kamu juga bisa menambahkan social feeds yang populer atau yang kurang populer. Cuma Facebook absen di sini.

Kamu juga bisa menambahkan feed pribadi berisi foto, catatan, video, entri kalendar, dan bahkan e-mail dalam campuran majalah tersebut. Antarmuka di sini sangat mirip Flipboard. Yang menyenangkan, Samsung menyertakan menu shortcut di ujung atas sehingga apps inti seperti kamera, dialer, dan browser bisa diakses langsung.

Yang juga baru adalah Multi Window. Yang ini berguna kalau kamu sering membuka aplikasi-aplikasi yang sama berbarengan, misalnya  YouTube dan browser. Nah dengan Multi Window, kamu bisa membuat jendela yang berpasangan, agar kamu tidak harus mengaktifkannya setiap kali satu per satu.

Dukung Video 4K

Samsung membenamkan lensa dengan sensor beresolusi 13 megapiksel untuk kamera belakang. (2 megapiksel untuk kamera depan). Fitur kamera di sini mencakup Smart Stabilization untuk kondisi kurang cahaya, sementara modus kamera yang tersedia adalah Best Face, Eraser, Sound and Shot, Golf dan Surround Shot.

Note 3 tidak hanya bisa dipakai merekam gambar diam, tapi juga gambar bergerak (video). Ia bahkan dibekali kemampuan merekam video 4K dan gerakan lambat 120fps. Cuma yang perlu diingat, layar Note 3 hanya mampu menampilkan resolusi HD jadi tidak akan bisa memperlihatkan rekaman 3840×2160 tersebut dengan baik.

***

Tambahan fitur di Note 3 adalah Home Lock Screen. Maksudnya kamu bisa menggunakan tanda tangan sebagai password layar. Cuma hati-hati, karena jika tandatanganmu sedikit saja berubah, Note 3 tidak akan mengenalinya dan kamu tidak bisa menggunakan unit ini. Disarankan untuk tetap menggunakan password ‘biasa’.

Yang juga menarik, kamu bisa menjajarkan maksimal empat Note 3 untuk memperoleh luasan layar yang lebih besar dari satu gambar sehingga lebih jelas terlihat.

O ya, Galaxy Note 3 ini juga dibekali S Knox, yakni fitur sekuriti dua-lapis (software dan hardware) untuk penggunaan B2B (business-to-business). S Knox bisa memisahkan konten pribadi pemiliknya dari konten perusahaan. “Seakan-akan ada dua hard disk terpisah. Cocok untuk IT Manager yang harus selalu terkoneksi menggunakan VPN,” jelas Febri tentang Galaxy Note 3 yang dibandrol Rp 8,8 juta itu.

 

SPESIFIKASI Samsung Galaxy Note 3

Network          : 2,5G (GSM/GPRS/EDGE): 850/900/1800/1900 MHz; 3G (HSPA+ 42Mbps: 850/900/1900/2100 MHz

Prosesor          : Octa-core 3G 1,9GHz (A15 1,9GHz + A7 1,3GHz), tergantung pasar

Displai              : 5,7” Full HD Super AMOLED 1920×1080

OS                   : Android 4.3 Jelly Bean

Memori           : 32GB user memory, microSD slot (up to 64GB), RAM 32GB

Camera           :

– kamera belakang: 13 megapiksel BSI sensor, auto-focus camera with smart stabilization, LED flash (high CR) and zero shutter lag

– kamera depan: 2 megapiksel BSI sensor with smart stabilization

S Pen optimized features:

– Air Command: Action Memo, Scrapbook, Screen Write, S Finder, Pen Window, S Note, Multi Window, new Easy Clip, Direct Pen Input

– Group Play: Share Music, Share Picture, Share Video, Share Document, Play Games

Konektivitas   : WiFi 802.11 a/b/g/n/ac (HT80), GPS/GLONASS, NFC, Bluetooth v4.0 (LE), IR LED (Remote Control), MHL 2.0

Sensor             : Gesture, Accelerometer, Geo-magnetic, Gyroscope, RGB, Proximity, Barometer, Temperature & Humidity, Hall Sensor

Baterai             : Li-ion 3200mAh

Dimensi          : 151,2×79,2×8,3mm

Bobot              : 168 gram

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: