TDK Kembangkan Teknologi Hard Disk Berkapasitas 40TB

tdkhddJAKARTA, SENIN – Seperti mimpi, tapi bagi kamu yang mengikuti tren industri pasti tahu bahwa kita sudah lama memimpikan hard drive dengan kapasitas multi terabyte. Saat ini yang berkapasitas 4TB pun sudah hadir.

TDK kini punya proyek baru yang memungkinkan hard drive berkapasitas 40TB hadir pada tahun 2020 nanti. Ya, kamu tak salah baca! 40TB pada satu piringan.

Saat ini, densitas perekaman hard disk drive digenjot melalui penggunaan teknologi yang disebut “high magnetic coercivity.” Namun seperti bisa kamu tebak dari absennya peningkatan, ya segitulah batasannya. Nah pendekatan TDK melibatkan teknologi perekaman yang dibantu panas (heat-assisted recording technology).

Menurut TDK, di sistem baru ini “the coercivity of the medium, atau jumlah medan magnet balik yang dibutuhkan untuk mengubah nilai dari data yang disimpan secara sementara dikurangi dengan memanaskannya dengan laser, yang memungkinkan penulisan. Hasilnya, densitas rekaman bisa ditingkatkan.”

Nah jika tak ada aral melintang, teknologi ini akan diterapkan pada produk yang hadir di pasar pada semester kedua tahun 2015. Mudah-mudahan terwujud ya!

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: