Wah, Lenovo Digosipkan akan Caplok HTC

Lenovo_SmartphoneJAKARTA, SENIN – Saat ini ia sudah duduk sebagai pemimpin PC dalam jumlah pengiriman unit dan pangsa pasar. Namun di ajang smartphone, Lenovo belum terlalu kokoh. Ini kendati penjualan smartphone dan tablet-nya melejit melampui PC sejak Agustus lalu.

Maka, tersiarlah kabar bahwa Lenovo diam-diam sedang bernegosiasi dengan HTC untuk mengambil alih bisnis smartphone-nya. Kedua perusahaan ini dilaporkan bertemu secara rahasia sejak Agustus lalu. Namun boss HTC mengatakan bahwa perusahaannya tidak akan dicaplok.

Apa pun hasilnya, bintang HTC memang tidak seterang dulu. HTC-lah yang pertama kali membuat smartphone Android pertama (HTC Dream, dikenal sebagai T-Mobile G1 di AS). Namun saat ini Apple (iOS/iPhone) dan Samsung (Android) mendominasi pasar smartphone.

Juli lalu HTC mengatakan akan mengalihkan fokusnya ke perangkat yang lebih rendah, sambil tetap berkutat di pasar high-end – di mana HTC One bertempur. Akan tetapi jika gosip pencaplokan oleh Lenovo itu menjadi kenyataan, tentu petanya akan berubah. Kabarnya, kedua perusahaan ini akan menandatangani kesepakatan pada semester pertama tahun depan.


Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer