Bundling Smartphone Smartfren Berlayar Makin Besar

smartfrenJAKARTA, PCplus – Layar besar dan semakin besar. Itulah pakem yang dianut Smartfren untuk tawaran smartphone terbarunya.  “Dulu lebih cepat, lebih baik. Sekarang, lebih besar, lebih hebat,” kata Djoko Tata Ibrahim (Deputy CEO, Smartfren) saat memperkenalkan empat smartphone terbarunya di Jakarta pekan lalu (28/10/2013).

Djoko menuturkan bahwa Smartfren mulai dengan menawarkan smartphone berlayar 3,5”. Berikutnya luasan layar diperlebar menjadi 4”, lalu 4,5” dan 5”. “Hari ini kerja keras tim kami dan seluruh tim marketing Smartfren yang mengurus brand Andromax dengan teknologi terakhir dan harga terjangkau untuk semua,” katanya. Hari itu, Smartfren meluncurkan empat smartphone Android papan atas: Smartfren Andromax Z, HTC Desire XC, Haier Maxx dan Andromixx Pixcom. Keempatnya berfitur dual SIM.

Smartfren-Andromax-ZYang paling hebat adalah Smartfren Andromax Z. Dibandrol dengan harga 2,799 juta (sudah termasuk PPN dan screen protector), smartphone yang bekerja di dua jaringan (CDMA2000 1X EVDO Rev.A + GSM EDGE) ini memamerkan layar IPS (in-plane switching) kapasitif multi-touch dengan luasan terbesar, 5,5”, dengan resolusi HD 720×1280. “Ada remote visual extension sehingga bisa langsung pindah ke TV yang lebih besar, bahkan sampai 50”. Ini karya terbaik untuk konsumen Indonesia,” kata Sukoco Purwokardjono (Division Head Product Development,   Smartfren).

Andromax Z juga dibekali dua kamera (belakang 8 megapiksel AF  dengan  LED flash dan depan 2 megapiksel), sistem audio Dolby Digital Plus. Smartphone berwarna biru gelap ini dipasangi OS Android Jelly 4.2 Jelly Bean, prosesor quad-core MT6589E 1,5GHz + VIA CBP 8.2D dengan GPU PowerVR SGX 544, RAM 1GB dan storage internal 8GB, serta baterai Li-Polymer 2500mAh. Ia digaransi satu tahun untuk unit dan 6 bulan untuk asesori.

Pixcom-AndromixxDua tawaran berikutnya memiliki ukuran layar IPS yang sama besar: 5”. Yang pertama adalah Andromixx Pixcom. Produk merek lokal dengan OS Android 4.2 Jelly Bean ini punya dua slot SIM, satu untuk CDMA dan satu lagi untuk GSM. Seperti Andromax Z, Andromixx Pixcom ini dibekali dua kamera (belakang 8 megapiksel AF dengan LED Flash dan depan 2 megapiksel). RAM-nya pun sama besar: 1GB. Bedanya, prosesor quad-core yang ditanam di Andromixx Pixcom adalah Qualcomm MSM8625Q 1,2GHz dengan ROM 4GB dan baterai Lithium 3000mAh. Andromixx Pixcom dibandrol Rp 2,499 juta dengan bonus screen protector dan termos stainless steel.

haier maxxHaier Maxx memamerkan layar IPS/OGS HD 5” dan prosesor quad-core yang sama dengan milik Andromixx Pixom (Qualcomm Snapdragon 8625Q 1,2GHz). Spesifikasi kameranya pun sama: belakang 8 megapiksel dengan AF dan LED flash dan depan 2 megapiksel. Ia juga dibekali RAM 1GB dan ROM 4GB, serta  bisa bekerja di jaringan EVDO maupun GSM (dual-on active). Namun baterainya hanya 2200mAh. Tapi jangan kuatir, harga jual smartphone yang menawarkan fitur FM Radio ini lebih terjangkau, yakni Rp 2,099 juta.

htc-desire-xcUkuran layar terkecil, 4” 480×800,  diusung oleh HTC Desire XC. Smartphone yang bisa bekerja di jaringan CDMA2000-1X EVDO Rev. A (3,5G) dan GSM (dual-on active) ini menggunakan prosesor  dual-core 1GHz dengan OS Android 4.1 Jelly Bean dengan HTC Sense. Ia ditanami baterai Li-Ion 1850mAh, RAM 768MB, storage internal 4GB dan kamera 5 megapiksel F.2.0 dengan LED Flash. Desire XC juga mendapat dukungan Beats Audio yang memampukan bass yang dalam dan kaya. HTC Desire XC ditawarkan Rp 2,599 juta.

Keempat smartphone ini datang dengan paket layanan data Smartfren. Smartfren Andromax Z  menyertakan paket Smart Plan Rp 50 ribu (1,5GB volume data, 20 menit gratis telepon ke operator lain, telepon sepuasnya ke sesama Smartfren, dan 60 SMS gratis ke semua operator). Untuk Andromixx Pixcom, HTC Desire XC dan Haier Maxx, Smartfren mengemaskan volume data 24GB selama 12 bulan dengan perioda bonus 15 hari setelah top-pup minimal Rp 50 ribu.

O ya, ini bukan tawaran bundling smartphone Android Smartfren terakhir di tahun ini loh. “Masih ada satu lagi yang belum keluar,” kata Sukoco.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer