AMD Richland: APU dengan Clock Lebih Tinggi

[section_title title=AMD Hadirkan Richland]

 

ImageUji-AMDRichland-Gambar1

Baru-baru ini AMD secara resmi meluncurkan prosesor terbarunya untuk desktop yang diberi codename Richland. AMD Richland ini merupakan AMD APU (Accelerated Processing Unit) generasi ketiga setelah AMD Llano dan AMD Trinity. Sekadar mengingatkan, AMD APU mengandung GPU (Graphics Processing Unit) dan meletakkannya lebih sejajar dengan CPU (Central Processing Unit) dibandingkan implementasi “tradisional”.

Meskipun merupakan AMD APU generasi ketiga, AMD Richland masih menggunakan CPU yang didasarkan pada arsitektur Piledriver seperti halnya AMD Trinity, AMD APU generasi kedua. Begitu pula dengan GPU-nya, APU terbaru dari AMD ini masih menggunakan VLIW4 seperti halnya yang dipakai di AMD Trinity. Jumlah core dari CPU dan jumlah core Radeon dari GPU AMD Richland pun tetap sama dengan AMD APU generasi sebelumnya yang sekelas (bisa dibilang yang digantikan).

Perbedaanya terletak pada frekuensi kerja atau clock. Dibandingkan AMD Trinity yang digantikan, AMD Richland memiliki frekuensi kerja yang lebih tinggi, baik pada CPU maupun pada GPU-nya. Khusus untuk GPU, AMD juga mengupgrade namanya dari Radeon seri 7000 pada AMD Trinity menjadi Radeon seri 8000 pada AMD Richland.

Selain frekuensi kerja default dan frekuensi kerja Turbo Core yang lebih tinggi, AMD pun melakukan pengoptimalan pada Turbo Core dari Richland. AMD APU Elite A-Series 2013 alias AMD Richland ini dirancang untuk lebih bisa mencapai frekuensi kerja maksimal dari Turbo Core-nya dibandingkan AMD Trinity.

Kombinasi frekuensi kerja alias clock yang lebih tinggi dan Turbo Core yang lebih optimal inilah yang diharapkan AMD bisa membuat Richland memberikan kinerja yang lebih baik dari AMD APU generasi kedua. Bagusnya, TDP (Thermal Design Power) dari AMD Richland tidak mengalami peningkatan, masih sama dengan sebelumnya: ada yang 100W ada yang 65W.

Khusus untuk A10-6800K, varian tertinggi dari Richland saat dibuatnya tulisan ini, AMD menambahkan dukungan resmi terhadap DDR3-2133. Sebelumnya, AMD Trinity secara resmi hanya mendukung sampai DDR3-1866.

Untuk dukungan motherboard, AMD APU terbaru itu bisa dipasangkan dengan berbagai motherboard untuk AMD Trinity. Ia tetap membutuhkan soket FM2 dan chipset yang sama.

 

Tanggapan Kamu

komentar


Pages 1 2 3 4 5 6 7