Inilah Lima Prediksi Teknologi Tahun 2014 dari Panasonic

 2014JAKARTA, PCplus – Tahun baru sudah di depan mata. Seperti apa ya bisnis TI (teknologi informasi) pada tahun 2014? Menurut Satoshi Mizobata, Director (Toughbook Asia Pacific Group, Panasonic System Communications),  akan ada bentuk yang lebih pasti dalam interaksi antara IT dan perusahaan. Teknologi akan menjadi bagian dari operasi sehari-hari dan berperan yang nyata dalam kesuksesan sebuah bisnis. Begitu prediksinya.

 

Berikut adalah lima prediksi Mizobata tentang perkembangan teknologi di tahun 2014:

 

  1. Konvergensi terus berlanjut
    Konvergensi antara dunia nyata dan dunia digital seiring dengan perkembangan bisnis yang semakin menuju ke arah digital – mengarah kepada peringkasan serta pemeliharaan operasi secara lebih baik lagi yang dimulai tahun lalu akan berlanjut. Infrastuktur fisik akan memiliki peran yang sangat besar dalam menyatukan dunia nyata dan digital.  Database dan formulir purchase order, misalnya akan mengadopsi konsep digital seutuhnya.

 

  1. Ekspektasi terhadap hardware berubah
    Dari sisi hardware, bisnis akan mencari perangkat yang dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan mengelola berbagai jenis pekerjaan dan menghasilkan pengembalian investasi (ROI) yang diinginkan. Akan ada penekanan khusus untuk konektivitas.  Singkatnya, para pengguna akan mencari sebuah perangkat yang kompak dan dapat diandalkan.

 

  1. Mobilitas menjadi kunci sukses bisnis
    Mobilitas tetap paling penting dalam mendefinisikan kesuksesan strategi bisnis. Maklum para pekerja akan terus mengharapkan fleksibilitas dan kemandirian dalam bekerja dari mana saja – di kantor maupun di lapangan. Ini khusunys untuk pekerja dengan mobilitas tinggi seperti di bidang manufaktur, konstruksi dan minyak dan gas.

 

  1. Peranti Tangguh
    Tahun 2013 perangkat tangguh untuk penggunaan konsumen diperkenalkan. Tahun 2014, peranti tangguh, kotak pelindung tangguh akan mendominasi ruang mobilitas usaha.

 

  1. Total Biaya Kepemilikan (TCO)
    Total Biaya Kepemilikan (Total Cost of Ownership) menjadi sangat penting untuk dipertimbangkan. Ditambah dengan tren pekerja dengan mobilitas tinggi, keberadaan dari peranti lapangan yang mampu bertahan di kondisi yang sulit nan ekstrim menjadi sebuah kewajiban.  Maka peranti yang memang dirancang khusus untuk tugas dengan misi kritis menjadi kunci dalam mempertahankan Total Biaya Kepemilikan.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: