Tolly Group: Solusi Kolaborasi UC Avaya Hemat TCO 32 Persen

ucJAKARTA, JUMAT – Penghematan selalu saja disukai manajemen perusahaan, tak peduli perusahaan besar, menengah maupun kecil. Di kalangan UKM (usaha kecil dan menengah), penghematan TCO (total cost of ownership) selalu disambut gembira. Biasanya, TCO mewakili biaya aktual kepemilikan suatu produk dalam jangka waktu lima tahun, yang meliputi biaya akuisisi, instalasi, konsumsi daya dan pemeliharaan.

Bagaimana menghemat TCO? Kalau untuk solusi kolaborasi, unified communications (UC), menurut lab uji independen Tolly Group, penghematan TCO bisa dicapai dengan menggunakan solusi Avaya IP Office. Penghematannya, begitu evaluasi Tolly Group, rata-rata 32%. Ini jika Avaya IP Office 8.1 dibandingkan langsung dengan solusi berplatform UC dari ShoreTel. Tolly Group mengevaluasi kedua solusi ini di lingkungan UKM dengan 100, 400 dan 700 pengguna.

Hasil rinci evaluasi TCO Avaya IP Office 8.1 vs. Shoretel sebagai berikut:

– Untuk perusahaan dengan 100 karyawan, Avaya IP Office lebih hemat 38%

– Untuk perusahaan dengan 400 karyawan, penghematannya 29%

– Sedangkan untuk perusahaan dengan 700 karyawan, TCO Avaya IP Office lebih hemat 30%.

Tolly Group juga memuji Avaya IP Office karena kemudahan penggunaan dan instalasinya yang cepat. “Teknisi Tolly mendapati bahwa Avaya IP Office 8.1 mudah ditingkatkan seiring dengan pertumbuhan bisnis baik dalam ukuranm maupun kebutuhan hanya dengan menambahkan telepon dan aplikasi,” tulis Tolly Group.

Evaluasi Tolly Group menyatakan, Avaya memberikan:

· Biaya di muka 30% lebih rendah, yang meliputi biaya telepon, lisensi dan hardware yang lebih rendah

· Biaya pemeliharaan 33% lebih rendah selama lima tahun.

· Konsumsi daya 41% lebih rendah untuk telepon

· Instalasi cepat; Tolly “dapat memasang dan meng-upgrade IP Office (solusi dengan 100 pengguna) hanya dalam waktu 10 menit sejak daya diaktifkan.”

Bagi yang masih bingung, UC (unified communications) adalah terintegrasinya layanan-layanan komunikasi real-time [seperti instant messaging, informasi kehadiran, telefoni (termasuk IP telephony), videokonferensi, data sharing (termasuk interactive white board), call control dan speech recognition] dengan layanan-layanan komunikasi yang tidak real time. Layanan non real-time ini bisa berupa voicemail, e-mail, SMS dan fax.

Dengan UC, kamu bisa mengirimkan pesan di salah satu media dan menerimanya di media lain. Kamu misalnya, bisa menerima pesan voicemail, tetapi mengaksesnya via e-mail atau ponsel. Kamu juga bisa langsung menjawab voicemail tadi via video call atau text chat (kalau si pengirim pesan sedang online).

 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.