Saingi Intel Haswell, AMD Ungkap APU Kaveri 28nm

SAMSUNG CSCLAS VEGAS, PCplus Р Di ajang pameran CES (Consumer Electronics Show) di Las Vegas, AS AMD akhirnya mengungkap generasi terbaru APU (Accelerated Processing Unit) Kaveri-nya yang sudah lama ditunggu-tunggu. Hadir sebagai chip silikon 28nm, Kaveri APU mengemaskan 2,41 miliar transistor.

Perubahan terbesar dalam arsitektur Kaveri adalah pemakaian arsitektur AMDs x86 Steamroller. Ini adalah arsitektur multi-threaded yang berfokus pada peningkatan laju Instruction Per Cycle (IPC) sampai 20%.

Sebagai APU pertama yang menggunakan HSA (heterogeneous system architecture) AMD, Kaveri digadang-gadang AMD memiliki sampai 12 compute core. HSA adalah sistem pengantrian heterogen dan shared memory yang memungkinkan CPU dan GPU menciptakan dan mengeluarkan pekerjaan secara independen dan efisien.

Hal ini merujuk pada empat CPU core dan delapan AMD Graphics Core Next (GCN) compute units yang terhubung via HSA. Ini mengesankankan bahwa hardware integrated graphics processing akan membantu pada tugas-tugas komputasi.

Yang pasti, AMD menjanjikan Kaveri akan bisa menyajikan kinerja yang sangat superior dibandingkan saingan. Siapa lagi kalau bukan CPU Intel Haswell bukan?

Kaveri APUs datang dalam dua model: A10-6800K dan A10-7850K. Keduanya dirancang untuk memerangi konfigurasi sistem CPU dan GPU yang terpisah. A10-7850K punya clock pada 3,7GHz, dan mencapai 4GHz pada turbo mode.

Slide AMD mengklaim 87% peningkatan kinerja dibandingkan CPU Intel Core i5 4670K untuk kinerja gaming dengan menggunakan tool benchmark 3D Mark. Peningkatan 63% terhadap chip Intel yang sama terjadi untuk compute power dan 24% untuk system performance.

Sementara itu AMD A10-6800K APU menghadirkan kinerja grafis 37%  lebih tinggi, system performance 15% lebih tinggi, dan compute performance 7% lebih tinggi dibandingkan Intel Core i5 4670K.

AMD Kaveri akan dikirimkan ke pasar mulai 14 Januari.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer