Saturday, April 20, 2024
Berita Teknologi

Selain Antigores, Gorilla Glass pun Antibakteri

 

gorilla glassJAKARTA, PCplus – Kalau kamu punya tablet atau smartphone dengan layar sentuh, kamu pasti tak asing dengan Gorilla Glass. Itu loh lapisan kaca yang antigores. Nah produsen kaca tangguh Corning kini punya produk baru. Yang satu ini bisa menangkal bakteri di perangkat elektronik kamu, mirip fungsi gel antikuman atau cairan sanitizer yang biasa kamu pakai.

Nah Corning Gorilla Glass terbaru itu kini mengandung elemen antimikroba. Ini membuatnya rentan dari virus, kuman, jamur dan benda-benda menjijikkan lainnya.

Kok bisa ya? Bisa karena Corning menggunakan perak yang terionisasi (ionised silver). Ionised silver katanya sih sudah ribuan tahun dipakai sebagai antibakteri, tetapi belum bisa sampai tingkat kesempurnaan untuk tidak merusak kekuatan regang kaca atau sifat elektro-kondusif yang penting pada perangkat berlayar sentuh.

Selain melindungi kamu dari jemari-jemari berkuman karena tak mencuci tangan, kaca antimikroba ini juga menawarkan manfaat yang sama bagi mereka yang menggunakan layar sentuh di kios informasi, mesin ATM, dan perangkat lain yang setiap harinya ditekan-tekan oleh tangan-tangan ‘kotor.’ Ionised silver ini diklaim tahan seumur hidup.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer