Ada DOit yang Bikin Senang di Smartphone Lenovo

lenovo doitJAKARTA,PCplus – Di Mobile World Congress 2014 di Barcelona, Spanyol beberapa hari lalu, Lenovo mengumumkan kehadiran apps DOit di jajaran smartphone-nya. Sebenarnya DOit tidak benar-benar baru, sebab apps tersebut sudah tertanam di seri premium baru Lenovo, Vibe X yang di tanah air sedang marak dijual.

Apa sih DOit? Ini adalah suite apps Lenovo yang terdiri dari 5 aplikasi: SHAREit, SECUREit, SYNCit, SNAPit Camera, dan SEEit Gallery. Semuanya dirancang untuk membuat pengguna smartphone Lenovo lebih mudah berbagi, mengamankan, mensinkronisasi, menyunting foto dan memamerkan file-file yang ada di ponselnya, termasuk foto yang baru saja dibidik.

Kelima apps ini telah PCplus coba sendiri dalam acara Media Reviewer di Jakarta dua hari lalu (25/2/2014). Dan memang sangat memudahkan pemakaian sehari-hari.

Untuk berbagi foto, vdeo, musik, dokumen, kontak, dan juga aplikasi ke perangkat lain misalnya, kita tak perlu repot cari kabel. Juga tak perlu mengaktifkan Bluetooth. Cukup klik icon app SHAREit, aktifkan juga Wi-Fi, lalu pilih Send untuk mengirimkan file, atau RECEIVE untuk menerima kiriman file. Pilih smartphone atau tablet yang dituju.
Dalam hitungan detik, file akan diterima/kirim di perangkat. “35x lebih cepat dibandingkan Bluetooth,” kata Andry dari Lenovo Indonesia tentang fitur Peer-to-peer sharing tersebut. Nggak kena biaya jaringan tentunya. Eh kamu juga bisa mengaktifkan pilihan Group Sharing jika ingin berbagi file ke maksimal lima orang sekaligus.
SHAREit ini juga bisa bekerja di perangkat iOS dan komputer Windows loh.
Kalau mau mengamankan file, pilih saja SECUREit. Maka kamu bisa membuat private space, mana yang bisa dilihat orang lain dan mana yang “for-your-eyes only”. Silakan kasih password 6-digit di private space.
Pada fitur ini, kamu juga dapat mengamankan perangkatmu dari potensi kehilangan. Pilih Anti-Theft, masukkan password 6-digit, pilih sirine. Maka jika ponselmu hilang, dan SIM-nya dilepas oleh orang yang menemukannya, sirine akan berbunyi. Lumayan nyaring deh. Sirine ini tidak bisa dinonaktifkan dengan melepas baterai (baterai kan tertanam, jadi tidak bisa dicopot). Kamu harus mematikannya dari menu, atau masukkan password yang benar.
Ada juga yang namanya Parental Control di fitur ini. SECUREit juga bisa membuat smartphone bekerja lebih cepat dengan membersihkan cache dan menutup apps yang bekerja di latar belakang. Ini akan dilakukan kalau kamu pilih Speed-up.
Bagaimana jika kamu ganti model smartphone? Jangan kuatir. Ada SYNCit, agar kamu tak repot copy-paste semua kontak dan SMS di ponsel lama ke ponsel baru. SYNCit bisa mem-backup dan restore kontak, SMS dan daftar panggilan di cloud.
Buat yang suka selfie, SNAPit Camera dan SEEit Gallery berguna banget deh. Di SNAPit, kamu bisa motret dengan beberapa pilihan mode (panorama, burst alias 10 fps, dll). Kamu bisa langsung menyunting hasil bidikanmu, termasuk membuat wajah tampil lebih mempesona, tanpa kerutan, jerawat, dan berkulit lebih cerah dengan satu klik. Mau bikin file GIF Animated juga bisa.
Kalau mau lihat hasil foto, masuk saja ke SEEit Gallery. Foto-foto yang memuat wajah-wajah yang sama bisa dikelompokkan ke satu folder secara otomatis, berdasarkan teknologi pengenal wajah Lenovo. Mau pakai filter, misalnya LOMO? Tersedia kok.
O ya, Vibe X yang displainya berlapiskan Gorilla Glass 3 ini juga memamerkan UI baru. Lenovo menyebutnya Lenovo Smart UI. Desainnya single-layer, jadi kamu tak akan melihat ‘laci-laci’. Semua apps langsung hadir di home screen, mirip di IOS ya? Kalau mau bikin folder, ya tinggal drag-and-drop.
Namun yang enak, desktop bisa kamu recover loh. Ini andai smartphone kamu dipinjam adik, lalu desktop-nya diubah-ubah. Masuklah ke menu Preferences. Ada pilihan Local backup dan local restore di sana, silakan pilih mana yang ingin dilakukan.
Selain DOit apps, di Vibe X kamu juga akan menemukan satu app baru: Dragon. Yang ini khusus dirancang oleh mitra bisnis Lenovo, yakni Trikomsel. App yang berada di home screen ini adalah launcher. Ia akan mengaktifkan Lock Screen, App Screen dan Widget Screen. Messenger Dragon akan menampilkan semua pesan dalam satu halaman. Ia mendukung SMS, BBM, Facebook Messenger, Twitter, LINE, WhatsApp, KakaoTalk, Skype, Hangouts dan Path.
Menarik deh! Tidak percaya? Silakan buktikan sendiri!

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: