Joop Ave : Peletak Dasar Internet Indonesia Telah Berpulang

Joop Ave, mantan
Joop Ave, mantan Menteri Pos dan Telekomunikasi (sumber : merdeka.com)

Bandung, PCplus – Pelantikan Pengurus Wilayah Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (Pengwil APJII) Jawa Barat, Kamis (6/2/2014) diwarnai suasana berkabung setelah mantan Menteri Pariwisata Pos dan Tekekomunikasi Joop Ave berpulang di Singapura pada Rabu (5/2/2014). SQL Server 2008 R2 プロダクトキー
Kepulangannya menandai kehilangan industri internet terhadap salah satu putra terbaik bangsa yang visioner. “Bagi APJII, Pak Joop Ave adalah salah satu bapak pendiri dan peletak dasar-dasar internet di Indonesia,” kata  Sekjen APJII Pusat Sapto Anggoro saat pelantikan pengurus APJII.

Di zaman almarhum jadi menterilah ijin ISP (Internet Service Provider) dimulai. Waktu itu, lahirlah dan bermunculanlah perusahaan ISP yang mana Radnet sebagai beroleh lisensi pertama, diikuti 15 ISP lainnya. Berdasarkan catatan APJII, visi dan ide Joop tentang industri internet patut diapresiasi. Sebab bagi almarhum waktu itu, internet adalah industri masa depan. Maka, waktu itu Joop pun menekankan pemilik perusahaan yang mengajukan lisensi, sahamnya harus kepemilikan WNI (bumi putera) dan usianya tidak lebih dari 30 tahun. Hal ini disampaikan Sekjen APJII Pusat Sapto Anggoro saat pelantikan pengurus APJII. “Karena visi dan kebijakan yang visioner ke depan itulah, sampai saat ini para pengusaha internet masih didominasi orang muda,” tambahnya.

Ijin ISP dikeluarkan pertama 1994 dimulai dengan Radnet kemudian disusul Indonet, dan sampai hari ini sudah 300 anggota APJII yang berlisensi. Dengan jumlah yang banyak dan menyebar di daerah, maka APJII perlu memiliki kepanjangan tangan di daerah. Sudah ada 8 Pengwil APJII dan hari Kamis ini Pengwil Jabar dikukuhkan resmi yang dipimpin oleh Ketua Pengwil S Prasetya Wahyudi dari Comtronics System.

Menurut Wahyudi dalam sambutannya, bahwa APJII Jabar siap melakukan banyak kegiatan untuk mengayomi dan memperjuangkan anggota yang berjumlah 34 ISP di Jabar dalam mengembangkan internet di Jabar. Antara lain, membangun jaringan dan exchange bersama. Termasuk untuk memfasilitasi industri konten dan start-up di Jabar umumnya dan Bandung khususnya. Apalagi di Bandung sebagai salah satu kota industri kreatif Indonesia. Selain Pengwil Jabar, APJII memiliki pengurus wilayah di Bali, Jatim, Jateng, DI Yogya, Palembang, Riau, Medan, dan Batam yang dikukuhkan akhir tahun lalu.
Visual Studio プロダクトキー

 

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.