Smartphone Android Nokia itu Bernama XL

BARCELONA, PCplus – Setelah diambil alih oleh Microsoft dan berganti nakhoda, Nokia suka memberikan kejutan.  Smartphone –nya tak lagi hanya ber-OS Windows Phone, tapi juga Android.

Android terbarunya adalah Nokia XL. Smartphone ini memamerkan layar IPS 5”. Ia dilengkapi kamera belakang 5 megapiksel dengan fitur flash dan otofokus. Sementara kamera depannya 2 megapiksel. Desainnya mirip Lumia, tetapi lebih tebal.

Nokia_Xl_SoftwareNokia tidak mendetailkan spec dan fitur Nokia XL. Namun ia dikemasi OneDrive 10GB gratis, dan layanan Skype gratis satu bulan.

Nokia XL akan meluncur awal kuartal dua tahun ini di Eropa dengan harga 109 Euro. Smartphone Android ini juga akan tersedia di negara-negara berkembang.

Sebelumnya di ajang yang sama, Mobile World Congress 2014 di Spanyol, Nokia sudah mengumumkan kehadiran dua handset lain yang menjalankan Android, yakni Nokia X dan Nokia X+. Namun Android-nya tak murni, karena merupakan OS open source versi Nokia. Jadi kamu tidak akan mendapatkan apps-nya dari Google Play Store, tapi dari Nokia Store dan lokasi-lokasi lain.  Kedua X yang berlayar 4” ini ditujukan untuk pasar negara berkembang dan dimotori oleh apps suite Microsoft dan HERE. Nokia X akan dijajakan 89 Euros, sementara Nokia X+ 99 Euros.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: