Sudah Ada, Hard Disk External 5TB

lacie 5tbJAKARTA, PCplus – Butuh hard disk eksternal berkapasitas di atas 2TB? Ah sudah tersedia loh. Adalah LaCie yang membesutnya.  Kapasitasnya 5TB.  Maka perusahaan yang merupakan bagian dari Seagate ini berhasil menjadi produsen pertama yang memenangkan pertarungan menjadi produsen pertama yang merilis hard disk eksternal berkapasitas 5TB.

Kapasitas 5TB ini juga dihadirkan LaCie di jajaran Lacie 5big Thunderbolt, 2big Thunderbolt dan d2 Thunderbolt. Pun mencakup produk 2big Quadra dan d2 Quadra.

Selain drive individual dengan dan tanpa casing eksternal, hard disk LaCie tersebut bisa di RAID array, sehingga menyajikan array 25TB bagi mereka yang butuh storage raksasa. Siapa? Hmm, idealnya sih para profesional video yang mau mem-pair-nya dengan komputer Thunderblot-enabled, seperti Mac Pro baru, untuk workflow video 4K. Fotografer  profesional pun akan menyukai kapasitas besar tersebut.

Hard disk baru ini berputar pada 7200rpm dan menurut LaCie mampu mentransfer sampai 785MBps dalam kondisi optimal. Produk ini sudah dijual online dengan harga mulai dari US$ 449 untuk single drive. Kalau mau RAID array eksternal berkapasitas 25TB, kamu tentu harys merogoh kantong lebih dalam,

O ya, LaCie menggaransi produk barunya ini selama 3 tahun secara terbatas.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.