Bertemu Teman dengan Facebook “Nearby Friends”

nearby_friends1Jakarta, PCplus – Kalau termasuk orang yang suka bertemu teman baru dari kota atau negara lain, maka kamu akan berterima kasih pada fitur Nearby Friends yang baru saja diperkenalkan Facebook.

Nearby Friends adalah fitur baru yang akan menginformasikan keberadaan teman Facebook di posisi kamu saat ini. Menurut salah satu pembuatnya, Andrea Vacalli, fitur ini bekerja dengan melakukan analisis  posisi pemilik akun Facebook dengan posisi orang-orang yang terdaftar dalam jaringan teman terdekatnya. Jika dibandingkan dengan milik Twitter, maka Nearby Friends mirip dengan Nearby Tweets.

Facebook secara default mematikan fitur ini, sehingg pengguna mesti mengaktifkannya lewat menu setting untuk mulai mencari teman di posisinya sekarang. Selain mengaktifkan manual, fitur Nearby Friends juga mewajibkan penggunanya memilih grup Facebook di mana informasi posisi akan dibagi.

Contoh tampilan fitur Nearby Friends yang sudah aktif di aplikasi Facebook
Contoh tampilan fitur Nearby Friends yang sudah aktif di aplikasi Facebook

“Sebuah notifikasi akan dimunculkan ketika Facebook mendapati ada teman di dekat pengguna. Dari notifikasi ini pengguna kemudian bisa membagi detil posisi tepatnya ke teman, termasuk memberikan catatan singkat kepada teman itu.” jelas Andrea seperti dikutip PCplus dari TheNextWeb.  Agar posisi dua orang atau lebih bisa saling terindentifikasi, Andrea mensyaratkan pengguna lain untuk juga menghidupkan fitur Nearby Friends ini di perangkatnya.

Sayangnya, fitur yang terdengar menyenangkan ini masih baru tersedia di aplikasi Facebook untuk area terbatas. Belum ada informasi resmi kapan fitur ini muncul dan bisa dipakai di Indonesia, setidaknya hingga artikel ini ditulis.

Di bawah ini adalah demo bagaimana fitur Nearby Friends bekerja.

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.