Review Lenovo Yoga Tablet 10

featuredKalau dengar Lenovo Yoga, pikiran biasa langsung tertuju pada jajaran ultrabook yang bisa berubah “wajah” dalam sekejap dengan memutar atau menekuk salah satu bagiannya. Nah, konsep tekukan maut ala olah raga yoga tadi ternyata tidak cuma diterapkan Lenovo di ultrabook PC-nya.

Lenovo Yoga Tablet adalah bukti baru kreatifitas Lenovo setelah sukses dengan IdeaPad. Kata “Yoga” yang melekat di produk ini seakan menegaskan bahwa tablet PC yang semula berbentuk itu-itu saja ternyata juga bisa punya banyak fungsi dan posisi yang belum pernah dibuat oleh produsen lain.

Tiga Gaya

Seri Yoga ini memiliki 3 posisi kunci yang diunggulkan Lenovo, yaitu Hold, Stand, dan Tilt. Masing-masing posisi dirancang untuk memaksimalkan pengalaman pengguna dalam memakai Lenovo Yoga. Posisi Hold misalnya, cocok untuk mereka yang sering membaca buku digital (e-book) dengan memegang tablet satu tangan. Tonjolan bulat di sisi tablet memang membuat genggaman jadi mantap, tablet pun bisa aman dipegang tanpa takut jatuh.

Posisi lainnya, Stand, didesain agar tablet bisa “berdiri” di atas permukaan datar tanpa mesti memakai case tambahan. Caranya, dengan membuka “kaki” tablet yang semula melekat di badan tipisnya. Derajat kemiringannya pun bisa disesuaikan. Asal hati-hati agar jangan terlampau tidur, atau kaki tadi akan otomatis terlipat ke posisi awal.

Sekarang buka kakinya yang terlipat, lalu pakai untuk menopang badan tablet. Ini disebut posisi tilt, cocok untuk posisi mengetik dengan memanfaatkan layar sentuh Lenovo Yoga Tablet 10. Tidak perlu lagi pengganjal, sudut antara tangan dan mata pun sudah dibuat agar pas dan tidak melelahkan.

Buat yang suka mengetik dengan keyboard jangan kuatir kesulitan ketika tak terbiasa mengetik lewat sentuhan. Sebab, di seri Yoga Tablet 10 inci ini Lenovo memberikan bonus keyboard nirkabel untuk membantu kamu mengetik dengan nyaman.

Daya Tahan Yahud

Lenovo Yoga Tablet 10 inci dibekali baterai berkapasitas 9000 mAh yang dipasang dalam 3 sel dan ditempatkan di lekukan sisi tablet. Tipe 10 inci memang teorinya butuh konsumsi daya yang lebih besar. Tapi kapasitas ini rasanya masih terlampau besar, sehingga Lenovo membuat tabletnya itu bisa  jadi “power bank” dadakan kalau-kalau kamu butuh mengisi ulang baterai smartphone.

Kalau tidak berfungsi sebagai powerbank, Lenovo Yoga Tablet 10 diklaim bisa bekerja hingga 18 jam, dengan rincian sebagai berikut:

  • Baca e-Book 12 jam.
  • Browsing (dengan WIFI) 2 jam.
  • Nonton Video 2 jam
  • Memutar musik (MP3) selama 2 jam.

Itu skema penggunaan standar menurut Lenovo. Tentu tiap orang berbeda saat memakainya, termasuk saat PCplus menguji daya tahan perangkat ini. Saat dicabut dari charger pada pukul 7 pagi, Yoga Tablet 10 langsung diajak memutar film HD sekitar 2 jam. Lalu PCplus menjalankan beberapa aplikasi benchmark, mendengarkan musik, browsing, bermain game serta membuka aplikasi sosial media secara berkala sepanjang hari.

Dalam penggunaan seperti ini, Lenovo Yoga Tablet 10 baru kembali meminta diisi ulang (kekuatan baterai tinggal 15%) pada pukul 9.10 malam. Itu berarti tablet ini setidaknya bisa bertahan lebih dari 14 jam sampai baterai benar-benar habis.

Kamera Lumayan

Ada 2 kamera di Yoga Tablet 10, satu yang beresolusi 1,6 megapiksel menghadap ke depan sementara kamera belakangnya punya resolusi 5 megapiksel.

Saat dipakai di luar ruangan, kualitas kedua kamera ini cukup baik. Kamera belakang malah berbekal fokus otomatis sehingga bisa membantu mengambil gambar lebih tajam. Sayang ia tidak  ditemani lampu flash untuk membantu penerangan di tempat minim cahaya. Pengalaman PCplus menggunakan kamera Yoga Tablet 10 di ruang yang diterangi dengan lampu neon terbilang lumayan. Foto yang dihasilkan kadang memiliki noise yang cukup kentara saat diperbesar.

Hati-hati juga saat mengoperasikan kamera belakang. Sebab, kamera yang terletak di lengkung baterai terkadang sering tidak sengaja tertutup tangan. Kamu mesti membaliknya sehingga berada di atas agar hal tersebut tak terjadi.

Nah, buat yang suka selfie, kamera depannya cukup mumpuni mengambil gambar sekitar 1 sampai 3 orang di jarak tangan. Sudut lensanya memang tak terlampau lebar karena memang didesain untuk melakukan panggilan video.

Bukan Buat Game Berat

Spesifikasi Lenovo Yoga Tablet 10 sangat mumpuni untuk dibawa bekerja sahari-hari. Prosesor MTK Quad Core 1,2GHz, pengolah grafis (GPU) PowerVR SGX544 ditemani memori 1 GB menjadi tiga sistem utama yang diandalkan untuk mengolah data. Kebetulan PCplus mendapat unit dengan ruang simpan internal 16GB. Kalau kurang, ada slot kartu MicroSD yang mendukung sampai kapasaitas 64GB.

Dengan ruang simpan internal itu, sebenarnya kita leluasa untuk menyimpan aplikasi dan beragam file multimedia. Menggunakan memori internal juga bisa meningkatkan kecepatan saat membuka atau menjalankan aplikasi.

Melihat prosesornya yang Quad Core, PCplus penasaran dengan kinerjanya. Beberapa pengujian untuk mengukur kinerja pun dilakukan. Hasilnya, Lenovo Yoga Tablet memiliki kinerja yang cukup baik untuk beragam aplikasi, termasuk game dengan kebutuhan grafis menengah. Sayang, saat uji beban game dengan grafis tinggi menggunakan 3D Mark, grafis Yoga Tablet ini agak keteteran dan render gambar yang dihasilkan terlihat kurang mulus.

Kesimpulan

Layar terang dan besar, baterai tahan lama serta kerja yang mumpuni untuk beragam kegiatan harian adalah tiga kekuatan di Lenovo Yoga Tablet 10. Tiga moda yang ada di seri ini juga membuat pengalaman menggunakan tablet jadi lebih menyenangkan. Sistem tata suara Dolby Digital Plus pastinya bakal membuat para pecinta multimedia betah berlama-lama menggunakan tablet ini.

Sedikit berbeda dari saudara dekatnya yang memiliki ukuran layar 8 inci, Lenovo Yoga 10 tidak mendukung panggilan suara berbasis GSM di sistemnya. Slot kartu mini SIM yang tersedia hanya dipakai untuk komunikasi data 3G/HSDPA.

Soal koneksi kabel memang agak “hemat”, sebab Lenovo tidak menyediakan konektor HDMI out untuk menghubungkan tablet ke perangkat lain. Hanya port micro USB untuk mengisi ulang baterai sekaligus jalur data yang tersedia di Yoga Tablet 10.

Plus: Layar, Desain Perangkat, Suara, Kinerja, Kamera Belakang

Minus:  Tanpa HDMI, Kamera Depan.

[xrr rating=4/5]

www.lenovo.com
Lenovo Indonesia
(021) 45853768
Rp. 4.699.000,-
1 Tahun

Kamera Lenovo Yoga Tablet 10 diletakkan tepat di cekungan. Di dalam cekungan ini terdapat baterai kapasitas besar. (Foto: Brama/PCplus)
Kamera Lenovo Yoga Tablet 10 diletakkan tepat di cekungan. Di dalam cekungan ini terdapat baterai kapasitas besar. (Foto: PCplus/Brama)

 

Kartu SIM GSM (bawah) dan slot Micro SD (atas) terletak di balik kaki tablet yang bisa dilipat. (Foto: PCplus/Brama)
Kartu SIM GSM (bawah) dan slot Micro SD (atas) terletak di balik kaki tablet yang bisa dilipat. (Foto: PCplus/Brama)

 

Lekukan baterai dimanfaatkan Lenovo untuk tombol power. Tepat di bagian depan ada lubang speaker stereo. (Foto: PCplus/Brama)
Lekukan baterai dimanfaatkan Lenovo untuk tombol power. Tepat di bagian depan ada lubang speaker stereo. (Foto: PCplus/Brama)

 

Spesifikasi Keterangan
Prosesor Mediatek MT8125; Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7
Grafis PowerVR SGX544
Layar IPS LCD 1280 x 800 pixel, 10.1 inci (Capacitive)
Memori Sistem: 1 GB
Internal: 16 GB
Kartu Memori Micro SD (maks. 64GB)
Kamera 5MP (belakang); 1,6MP (depan)
Dukungan Jaringan GSM 900 / 1800 / 1900
HSDPA 900 / 2100
Konektifitas WIFI b/g/n, Bluetooth v4.0, Micro USB
Sistem Operasi Android 4.2 (Jelly Bean)
Sensor Accelerometer, compass
Baterai Lithium ION 9000 mAh
Dimensi (p x l x t) 26,1 x 18 x 0,81 cm
Bobot 610 gram

 

Hasil Uji Lenovo Yoga Tablet 10
NenaMark2
Rating 44,9 FPS
Quadrant Standard
Total 4750
CPU 12721
Memory 3362
 I/O 4899
2D 336
3D 2430
SmartBench 2012
Productivity Index 3642
Gaming Index 2009
Antutu Benchmark 13182
3D Mark
Ice Storm  2935
Ice Storm Unlimited  2514

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.