Duh, Spam Menyaru sebagai SMS dari WhatsApp

whatsapp-malware-1JAKARTA, PCplus –  Sebagai pengguna gadget, mungkin kamu suka mensinkronisasikan kontak dari gadget-mu agar bisa dibaca dari e-mail.  Pernah tidak terima notifikasi dalam bentuk  SMS dari WhatsApp, Viber atau Google Hangouts?  Kalau ya, itu SMS palsu loh. WhatsApp misalnya tidak terkait dengan layanan e-mail.

Pesan bergaya SMS yang seolah-olah dari aplikasi mobile itu dikirim spammer dan phisher. Gaya ini mulai diilakukan mereka sejak kuartal pertama tahun ini. Mereka mengirimkan notifikasi bergaya SMS untuk menyebar malware dan iklan yang berbahaya.

Nah, banyak pemilik gadget yang tidak memperhatikan hal ini. Padahal ada attachment e-mail berbahaya, yang berisi Backdoor.Win32.Androm.bjkd. Kalau diklik, data personal kamu akan dicuri.

“Mengklik tautan yang tidak aman mengancam keamanan pengguna apapun perangkat yang digunakan karena bahayanya sama saja baik terhadap komputer desktop maupun terhadap gadget mobile,” ujar Darya Gudkova(Head of Content Analysis & Research Department, Kaspersky Lab).

Jadi kalau mau aman, jangan sembrono mengklik tautan di pesan e-mail ya!

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.