Fakta Unik Seputar Microsoft

Microsoft

Tidak diragukan lagi bahwa Microsoft merupakan salah satu perusahaan terbesar dan tersukses di dunia. Meski tidak melulu menghadirkan perangkat lunak, orang-orang tetap akan mengingatnya sebagai “pembuat Windows”. Perusahaan yang bermarkas di Redmont ini memang memiliki jutaan pengguna dan penggemar di setiap negara sehingga menjadikannya makin populer. Mungkin sudah banyak yang mengetahui sejarah dari perusahaan ini. Namun ada beberapa fakta yang ternyata memang jarang dipublikasikan namun tetap menarik untuk diketahui. Berikut beberapa diantaranya:

Masa muda Bill Gates sering berurusan dengan polisi
bill-arrested

Pertama kali, Bill ditahan pada tahun 1975 akibat mengebut dan tidak memiliki SIM. Dua tahun kemudian, ia melanggar lampu merah dan lagi-lagi tidak membawa SIM. Yang terakhir pada tahun 1989, saat ia sudah menjadi boss Microsoft, ia ditahan akibat mengemudi dalam pengaruh minuman beralkohol.

Pizza merupakan makanan favorit karyawan Microsoft
Jika kamu bertanya-tanya apa makanan favorit para karyawan di Microsoft, maka jawabannya adalah Pizza. Seringnya para karyawan memakan pizza, Microsoft pun melakukan survey. Dan ternyata tiap karyawan rata-rata memakan sekitar 554.000 potong pizza tiap tahunnya. Sandwich menjadi makanan favorit kedua di Microsoft, dan satu juta sandwich telah disantap selama 12 bulan yang tersedia di kafetaria.

Disediakan minuman kaleng gratis
drink-can

Microsoft berbaik hati dengan menyediakan minuman ringan kaleng secara gratis bagi karyawannya. Dan menurut data statistik, para karyawan minum sekitar 2,6 juta galon minuman ringan selama satu tahun, yang mana Coke Zero merupakan minuman yang paling banyak dikonsumsi.

Membawa coklat M&M bagi karyawan yang merayakan hari jadi
Tiap karyawan Microsoft yang merayakan hari jadi diwajibkan membawa 1 pon coklat M&M (sekitar 450 gram) dan mengumpulkannya di kantor. Jadi jika seorang karyawan telah bekerja selama 10 tahun, maka total coklat M&M yang telah dikumpulkannya sebanyak 10 pon.

Lingkungan yang penuh dengan kelinci
Menurut sumber tidak resmi, pada tahun 90-an ada seseorang yang memelihara kelinci di lingkungan kampus Redmont. Lama-kelamaan kelinci yang ada tidak lagi diurus dan dibiarkan berkembang dengan sendirinya hingga akhirnya berkembang biak tanpa terkendali. Kini populasi kelinci tersebut memang telah berkurang, meski demikian tetap saja di berbagai lokasi masih terdapat beberapa kelinci yang justru kini seperti menjadi ciri khas kampus tersebut.

Windows awalnya diberi nama Interface Manager
interface-man

Versi pertama Windows secara sederhana dikenal dengan nama Windows 1.0 dan diluncurkan pada 20 November 1985, namun awalnya nama Interface Manager yang hendak digunakan Bill. Rowland Hanson yang saat itu menjabat sebagai kepala pemasaran Microsoft yang menyampaikan ide untuk menggunakan nama Windows yang menurutnya lebih menjual.

Awalnya Bill Gates tidak ingin membuat sistem operasi 32-bit
Pada tahun 80-an, Bill Gates pernah berkata bahwa ia tidak akan pernah membuat sistem operasi 32-bit. Meski saat itu sepertinya ia sangat serius akan pernyataannya tersebut, ternyata Microsoft malah menelurkan sistem operasi berbasis 16 dan 32-bit. Dan nyata-nyatanya sistem operasi tersebut akhirnya sukses sehingga lahirlah generasi berikutnya yang juga menyertakan sistem berbasis 64-bit

Kebanyakan karyawan Microsoft adalah pria
male-employe

Sekitar 75% atau 94.000 karyawan Microsoft di seluruh dunia adalah pria. Dan dengan diakuisisinya Nokia, jumlah tersebut jadi bertambah sekitar 25.000 karyawan lagi.

Pertanyaan nyeleneh saat interview
Saat melakukan interview kepada calon karyawan, Microsoft selalu memberikan pertanyaan yang agak aneh. Bahkan sering pertanyaan yang diberikan tidak berhubungan dengan pekerjaan yang akan digeluti. Misalnya, “Mengapa penutup lubang got berbentuk bulat?” atau “Berapa bobot dari pesawat Boeing 747?”. Hal ini banyak diceritakan oleh para karyawan yang kala itu melakukan interview untuk bekerja disana.

Apple pernah menggugat Microsoft karena dianggap mencuri ide
steve_jobs_bill_gates_1985

Pada tahun 1983, Apple mengajukan gugatan terhadap Microsoft karena tampilan Windows 1.0 mirip dengan MacIntosh. Bill Gates pun mempertahankan pendiriannya bahwa user interface rancangannya itu menggunakan desain dari Xerox meski akhirnya Bill Gates meninggalkan beberapa tampilan yang digunakan Windows 1.0 untuk menghindari sengketa hukum.

Microsoft memegang lebih dari 10.000 paten
Hingga kini Microsoft telah memiliki sekitar 10.000 paten yang mana merupakan salah satu dari 5 pemilik paten terbesar di Amerika Serikat. Sebagian besar paten tersebut berhubungan dengan perangkat lunak. Microsoft juga memberikan penghargaan kepada karyawannya yang berhasil mengamankan paten baru berupa bonus uang US$1500 dan sebuah plakat kayu yang bertuliskan nama mereka.

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: