Review LG G Pro Lite

LGGProLiteKemunculan smartphone G Pro sejak awal semester tahun lalu sebenarnya menuai sukses lumayan di Indonesia. Sampai sekarang ia masih tetap digemari, bahkan bila dibandingkan G2 yang lebih perkasa. Namun, dengan harga yang masih tinggi membuat banyak konsumen berdana terbatas kecewa. Untuk itulah LG berbaik hati merilis G Pro Lite dalam fisik yang serupa, namun dengan harga lebih bersahaja.

Perawakan LG G Pro Lite (model LG-D686) sebenarnya cukup cantik dengan lis keperakan yang menebal di bagian atas dan bawah. Phablet berlayar IPS 5,5″ ini hadir dengan resolusi lebih rendah, 540×960 piksel, dibandingkan LG Optimus G Pro yang mencapai Full HD. Beberapa pengurangan juga terjadi pada fasilitas iR Blaster yang kini tidak bisa mengakses AC, sampai ketiadaan lampu penerang (backlight) pada 4 tombol sentuh di bawah layar.

Agar harga smartphone lebih terjangkau, LG memakai spesifikasi yang cukup lawas untuk masa kini. Dengan hanya MediaTek MT6577 1GHz dan PowerVR SGX 531, kesenjangan hardware yang terjadi dibandingkan LG Optimus G Pro terbilang jauh. Tampaknya LG berusaha tetap memaksimalkan fitur dengan “memaksakan” SoC jenis lama.

Nah soal fitur ini tak perlu risau. Banyak fasilitas yang disediakan di sini. Bahkan, beberapa seperti terdapat pada model premiumnya (LG G2). Ada fasilitas QuickMemo untuk membuat catatan instan di tengah aktivitas yang sedang berjalan untuk kemudian disimpan (capture). Selanjutnya tetap disediakan Qslide yang memungkinkan sampai 3 aplikasi sekaligus berjalan pada layar. Juga tertanam fitur QuickTranslator sebagai kamus digital, fungsi KnockOn untuk mengaktifkan layar dengan ketukan, dan Guest Mode bila Anda hendak melindungi privasi ketika handset dipinjamkan.

Yang jelas, meski unjuk kerjanya tak sekencang versi G Pro, namun ia tetap menyajikan beragam fitur menarik yang ada pada gadget premium LG. Kerennya lagi disediakan stylus mini untuk memudahkan coretan yang bisa diselipkan di pojok kanan atas.

Mungkin LG G Pro Lite terlihat masih agak mahal dengan harga sekitar Rp 3 juta, namun jika Anda butuh ragam fasilitas seperti yang disebutkan semestinya gadget ini masih pantas dimiliki.

 

www.lg.com/id
Bhinneka.com
(021) 29292828
Rp. 2.999.000,-
1 Tahun

 

 

LGGPro-Inset1
Ada 5 aplikasi (video, internet, Memo, Calender, dan Calculator) yang bisa dibuka bersama dalam satu layar guna bekerja multitasking.

 

LGGProLite-Inset2
Tidak seperti smartphone premium yang memakai micro SIM, LG G Pro Lite menyediakan slot kartu (dual SIM) konvensional yang ditempatkan bertumpuk (atas-bawah).

 

 

Spesifikasi:                     

Prosesor MediaTek MT6577 1GHz

(dualcore ARM Cortex-A9)

Memori Utama 1GB
Chip grafis PowerVR SGX 531
Jaringan selular GSM 850/900/1800/1900MHz

HSDPA 900/2100MHz

Media Simpan Internal 8GB
Wireless HSPA+, WiFi 802.11a/b/g/n, WiFi Direct, Bluetooth 3.0, DLNA, A-GPS/GLONASS.
Koneksi lain micro USB
Kamera 1,3MP (depan) & 8MP (belakang)
Layar IPS 5,5″ 540×960 piksel capacitive touchscreen
Bobot/Dimensi 161gr/15×7,7×0,94 cm
Sistem operasi Android 4.1.2 (Jelly Bean)

 

 

Hasil Uji:

 

Antutu Benchmark 4.1.4        8495

 

Quadrant Advanced 2.1

Total                3575

 

Linpack Android

Single Thread              40,78MFLOPS

Multi Thread               65,08 MFLOPS

 

Smartbench 2012

Productivity                2358

Games                         1905

 

NenaMark2                 25fps

 

 

+ Dual SIM, fitur lain banyak, dukungan aplikasi, fungsi remote, ada stylus.
–  Kinerja biasa, kualitas kamera, tombol tanpa backlight, harga agak tinggi.

Rating: 7,8

 

deny

Koordinator laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi dalam pengujuan gadget dan asesori komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.