Gandeng TechMatrix, CBNCloud Hadirkan Solusi Cloud Contact Center

Para petinggi TechMatrix Takashi Yuri dan Takashi Suzuki menunjukkan solusi FastHelp bagi contact center
Budhi Wibawa (CEO CBNCloud) memperhatikan Takashi Yuri (President & CEO TechMatrix) Suzuki menunjukkan solusi FastHelp bagi contact center

JAKARTA, PCplus – Sebagian besar dari kita pasti pernah menghubungi call center atau contact center perusahaan, entah untuk urusan perbankan, atau perbaikan produk. Puaskah kamu dengan layanannya? Tidak? Lalu apa tindakan yang kamu ambil? Pindah merek? Banyak loh yang seperti itu.

Contact center sebenarnya memainkan peran vital dalam memenangkan hati pelanggan dan menjaga loyalitas pelanggan. Apalagi di era cloud dan Internet sekarang, ketika keluhan konsumen bisa dengan mudah dan cepat menyebar ke seantero dunia. Karena itulah semua perusahaan seharusnya mengenal konsumennya. Salah satu caranya adalah dengan menjaga hubungan dengan konsumen melalui aplikasi CRM (customer relationship management).

“Posisi CRM penting, jika (perusahaan) mau tahu apa pun tentang konsumennya. Industri sekarang digerakkan oleh kustomer, jadi perusahaan harus ikut (kemauan) kustomer,” kata Budhi Wibawa (CEO, CBNCloud) dalam jumpa pers kerjasama CBNCloud dan TechMatrix di Jakarta tadi siang (10/6/2014). Untuk CRM, kata Budhi, yang diperlukan adalah workflow dan business process. Sayangnya tidak semua solusi CRM bisa menjawab kebutuhan tersebut.

Salah satu yang bisa, menurut Budhi, adalah FastHelp dari TechMatrix. Karena itulah CBNCloud bermitra dengan TechMatrix untuk menyajikan solusi call center berbasis cloud bagi CRM di tanah air. “(Solusi) TechMatrix cocok untuk Indonesia. Skalabel, tidak harus beli per seat. Indonesia banyak UKM jadi kalau tidak skalabel tidak bagus. Beli seperlunya saja,” tutur Budhi.

TechMatrix juga dipandang tepat oleh Budhi mengingat rekam jejak perusahaan Jepang itu yang bagus. Perusahaan-perusahaan terpandang di Jepang, seperti Rinnai, Asahi Kasei, The Asahi Shimbun, Yahoo Japan, Coca Cola Japan, Mitsubishi Electric, Rakuten Bank, Family Mart dan Suzuki Motor adalah pengguna solusi FastHelp-nya.

“Kami punya 600 instalasi di Jepang,” kata Takashi Yuri (President & CEO, TechMatrix). “Skalabel, bisa beli mulai dari lima seat sampai ribuan seat,” tambahnya. Takashi Suzuki dari perusahaan yang sama menjelaskan, “Solusi ini tidak terikat pada industri tertentu. Tapi fokus ke contact center. Jadi bisa untuk perusahaan Internet, farmasi, otomotif, atau lainnya.”

Budhi mengungkap besarnya pasar CRM di Indonesia. Pertumbuhannya mencapai 43%, jauh di atas pertumbuhan TI yang 20%. Sementara itu bisnis contact center juga tumbuh pesat karena budaya bangsa kita yang lebih suka bicara dengan orang dan bukan dengan mesin. Ia memprediksikan alokasi belanja CRM dari perusahaan di tanah air akan bertumbuh dua digit.

 

Di tanah air,  transcosmos Indonesia menjadi pengguna pertama FastHelp. Perusahaan ini akan menggunakan solusi berbasis cloud hasil kerjasama CBNCloud dan TechMatrix tersebut untuk menyediakan layanan call center bagi para kliennya di sektor otomotif dan asuransi dengan target 500 seats.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.