Gandeng TechMatrix, CBNCloud Hadirkan Solusi Cloud Contact Center
JAKARTA, PCplus – Sebagian besar dari kita pasti pernah menghubungi call center atau contact center perusahaan, entah untuk urusan perbankan, atau perbaikan produk. Puaskah kamu dengan layanannya? Tidak? Lalu apa tindakan yang kamu ambil? Pindah merek? Banyak loh yang seperti itu.
Contact center sebenarnya memainkan peran vital dalam memenangkan hati pelanggan dan menjaga loyalitas pelanggan. Apalagi di era cloud dan Internet sekarang, ketika keluhan konsumen bisa dengan mudah dan cepat menyebar ke seantero dunia. Karena itulah semua perusahaan seharusnya mengenal konsumennya. Salah satu caranya adalah dengan menjaga hubungan dengan konsumen melalui aplikasi CRM (customer relationship management).
“Posisi CRM penting, jika (perusahaan) mau tahu apa pun tentang konsumennya. Industri sekarang digerakkan oleh kustomer, jadi perusahaan harus ikut (kemauan) kustomer,” kata Budhi Wibawa (CEO, CBNCloud) dalam jumpa pers kerjasama CBNCloud dan TechMatrix di Jakarta tadi siang (10/6/2014). Untuk CRM, kata Budhi, yang diperlukan adalah workflow dan business process. Sayangnya tidak semua solusi CRM bisa menjawab kebutuhan tersebut.
Rekomendasi Produk PCplus
-
Sale!
ASUS Zenbook 14 OLED UX3405MA-OLEDS511 – Ponder Blue
Rp16,999,000.00 Beli Sekarang -
GEEKOM Mini PC MiniIT11 Intel Core i7-11390H 16GB DDR4 512GB SSD Win11
Rp6,290,000.00 Beli Sekarang -
Sale!
ASUS ROG FLOW X13 GV301RA – R7RADA6T-O – R7-6800HS – SSD 512GB – 120HZ
Rp18,699,000.00 Buy product -
Sale!
Lenovo ideapad Slim 3i-14ITL6 – HYID i3-1115G4 SSD 256GB Arctic Grey
Rp5,899,000.00 Beli Sekarang
Salah satu yang bisa, menurut Budhi, adalah FastHelp dari TechMatrix. Karena itulah CBNCloud bermitra dengan TechMatrix untuk menyajikan solusi call center berbasis cloud bagi CRM di tanah air. “(Solusi) TechMatrix cocok untuk Indonesia. Skalabel, tidak harus beli per seat. Indonesia banyak UKM jadi kalau tidak skalabel tidak bagus. Beli seperlunya saja,” tutur Budhi.
TechMatrix juga dipandang tepat oleh Budhi mengingat rekam jejak perusahaan Jepang itu yang bagus. Perusahaan-perusahaan terpandang di Jepang, seperti Rinnai, Asahi Kasei, The Asahi Shimbun, Yahoo Japan, Coca Cola Japan, Mitsubishi Electric, Rakuten Bank, Family Mart dan Suzuki Motor adalah pengguna solusi FastHelp-nya.
“Kami punya 600 instalasi di Jepang,” kata Takashi Yuri (President & CEO, TechMatrix). “Skalabel, bisa beli mulai dari lima seat sampai ribuan seat,” tambahnya. Takashi Suzuki dari perusahaan yang sama menjelaskan, “Solusi ini tidak terikat pada industri tertentu. Tapi fokus ke contact center. Jadi bisa untuk perusahaan Internet, farmasi, otomotif, atau lainnya.”
Budhi mengungkap besarnya pasar CRM di Indonesia. Pertumbuhannya mencapai 43%, jauh di atas pertumbuhan TI yang 20%. Sementara itu bisnis contact center juga tumbuh pesat karena budaya bangsa kita yang lebih suka bicara dengan orang dan bukan dengan mesin. Ia memprediksikan alokasi belanja CRM dari perusahaan di tanah air akan bertumbuh dua digit.
Di tanah air, transcosmos Indonesia menjadi pengguna pertama FastHelp. Perusahaan ini akan menggunakan solusi berbasis cloud hasil kerjasama CBNCloud dan TechMatrix tersebut untuk menyediakan layanan call center bagi para kliennya di sektor otomotif dan asuransi dengan target 500 seats.