Film Dokumenter dan Biografi Seputar Teknologi

kredit: www.thesecondtake.com
kredit: www.thesecondtake.com

Sepak terjang para pionir, pencetus, hingga inovator di bidang teknologi ternyata membuat para pembuat film tertarik untuk mendalami kisah hidup serta perjuangan mereka untuk di angkat ke layar lebar. Banyak pula film dokumenter atau biografi dari tokoh yang berkaitan dengan perkembangan komputer dan internet yang telah dihadirkan mereka. Film-film seperti We Steal Secrets: The Story of Wikileaks, We Are Legions: The Story of Hacktivist dan masih banyak lagi, menjadi bukti nyata bahwa perkembangan teknologi telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Selain sebagai media hiburan, film dengan tema tersebut bisa menambah wawasan serta dapat membuka mata dunia mengenai apa dan alasan yang telah mereka lakukan selama ini. Dari sekian banyak film yang pernah diproduksi, berikut beberapa diantaranya yang menarik untuk disimak:

JOBS 

kredit: www.impawards.com
kredit: www.impawards.com

Film JOBS dipersembahkan oleh insan perfilman untuk menghormati mendiang Steve Jobs sebagai salah satu orang yang paling berpengaruh dalam kemajuan industri komputer. JOBS mengisahkan kehidupan pribadi Steve Jobs, pendiri Apple yang legendaris, dari tahun 1971 hingga 2000. Nama besar Steve Jobs membuat film yang rilis di Amerika pada 16 Agustus 2013 ini bahkan sudah ramai dibicarakan, meski saat itu produksinya belum berjalan. Pemilihan Aston Kutcher sebagai Steve Jobs muda juga awalnya sempat mengundang perdebatan dikalangan pemerhati film maupun pemuja Jobs.

Triumph of The Nerds: The Rise of Accidental Empires 

kredit: docsprimus.blogspot.com
kredit: docsprimus.blogspot.com

Film yang dirilis pada tahun 1996 ini ditayangkan sebagai mini seri pertama kali melalui stasiun TV PBS yang dibagi ke dalam 3 seri. Dimulai dengan menceritakan awal kemunculan komputer personal di tahun 1970-an yaitu Altair 8800 yang berlanjut dengan kehadiran Apple I, Apple II, dan VisiCalc. Terus berlanjut hingga hadirnya IBM PC dan Apple Macintosh di tahun 1980 dan 1990-an. Cerita perkembangan teknologi ini ditutup di masa hadirnya situs-situs dotcom sedang booming dan waktu rilis Windows 95. Pada cerita tersebut dikisahkan pula perjuangan para penemu dan pendiri dari tokoh-tokoh terkemuka seperti Steve Jobs dan Steve Wozniak dari Apple, Bill Gates, Paul Allen dan Steve Ballmer dari Microsoft, hingga Larry Ellison dari Oracle.

Pirates of Silicon Valley

kredit: www.luuux.com
kredit: www.luuux.com

Dirilis pada tahun 1999, pertama kali ditayangkan di TV setempat dan kini hadir dalam format DVD. Film ini mengisahkan sejarah berdirinya dua perusahaan raksasa di bidang industri komputer yaitu Apple dan Microsoft. Film berjenis drama ini juga menceritakan tokoh-tokoh penting dibalik dua perusahaan raksasa tersebut beserta orang-orang terdekat mereka. Dikisahkan pula sepak terjang serta persaingan antar Jobs dan Gates dalam mengembangkan perangkat komputer personal. Dua tokoh utama seperti Steve Jobs dan Bill Gates diperankan oleh aktor kawakan yaitu Noah Wyle (serial TV E.R) dan Anthony Michael Hall (Serial TV Psych dan CSI Miami).

Code Rush 

kredit: The Documentary Network (Youtube)
kredit: The Documentary Network (Youtube)

Code Rush merupakan film dokumenter yang mengisahkan perjuangan para karyawan dari Netscape Communications di tahun 1998 saat perusahaan tersebut diambang kehancuran akibat dominasi Microsoft dalam industri internet. Code Rush menceritakan perjuangan para karyawan di tahun terakhir sebelum Netscape diakuisi AOL. Berkutat dengan berbagai permasalahan yang mesti dihadapi, seperti tidur berhari-hari di kantor demi mengejar tenggat waktu, diasingkan oleh keluarga, kecanduan kafein, serta perjuangan lain selama berada di Silicon Valley tempat mereka bekerja. Jika Anda ingin mengambil karir sebagai software engineering atau software project management, maka Code Rush merupakan film wajib yang bisa dijadikan acuan untuk itu.

The Secret History of Hacking (gbr.empat) – kredit: www.docstock.com

kredit: www.docstock.com
kredit: www.docstock.com

Film dokumenter yang ditayangkan tahun 2001 ini mengangkat tema mengenai phreaking, computer hacking, dan social engineering di era tahun 1970 hingga 1990. Film dimulai dengan sejarah dan konsep awal dari phreaking, yaitu istilah slang yang biasa digunakan untuk sekelompok orang yang mempelajari, bereksperimen, atau bereksplorasi dengan sistem telekomunikasi dengan tujuan hendak memanipulasi sistem. Film ini juga mengambil nara sumber dari para hacker yang hanya ditampilkan secara suara saja dengan narasi yang dibawakan oleh John Draper dan Denny Teresi. Selain itu terdapat pula wawancara dan komentar dari para tokoh terkenal seperti Steve Wozniak, John Draper, Kevin Mitnick, hingga beberapa agen khusus FBI yang biasa menangani kasus kejahatan internet.

Revolution OS 

kredit: perfectshift.wordpress.com
kredit: perfectshift.wordpress.com

Revolution OS menampilkan kisah para hacker yang melawan dan menentang kebijakan sistem tertutup serta Microsoft dengan menciptakan pergerakan open source dan GNU/Linux. Revolution OS berupaya menampilkan dan melacak orang-orang yang berada dibelakang sistem operasi open source seperti Linux dan mengapa sistem operasi ini bisa menjadi ancaman yang potensial bagi sistem operasi berbayar seperti Windows. Perjuangan para pengembang open source tersebut ditampilkan secara dokumenter selama 20 tahun kebelakang. Disutradarai oleh J.T.S Moore, film ini menampilkan wawancara dengan para hacker terkemuka dan pengusaha teknologi, termasuk diantaranya Richard Stallman, Michael Tieman, Linus Torvald, serta Brian Behlendorf.

The Social Network 

kredit: djsodapop.wordpress.com
kredit: djsodapop.wordpress.com

Meski film ini membuat Mark Zuckerberg tidak puas karena dianggap banyak kisah yang tidak sesuai, namun film ini tetap menampilkan sisi lain yang menarik dalam kehidupan Mark sebagai penemu situs jejaring sosial yang fenomenal, Facebook. Film ini mengisahkan sekilas perjalanan hidup Mark saat menciptakan situs Facebook yang kemudian meraih sukses. Berbagai rintangan ditemuinya saat menciptakan situs tersebut, termasuk klaim dari dua orang yang mengaku bahwa ide mereka telah dicuri Mark, serta tuntutan hukum yang dihadapinya. Film ini meraih sukses dari segi komersil dan juga berhasil mendapatkan 8 nominasi accademy award.

TPB AFK: The Pirate Bay Away From Keyboard 

kredit: www.impawards.com
kredit: www.impawards.com

Dirilis 8 Februari 2013, film ini berdasarkan kisah dari tiga orang pendiri situs The Pirate Bay yaitu Peter Sunde, Fredrik Neij, dan Gottfrid Svartholm. Ketiganya berjuang dalam menghadapi tuntutan dari industri media yang menuntut mereka karena menyediakan layanan berbagi konten yang dianggap mengancam keberadaan industri tersebut. Salah satu karakter yaitu Peter Sunde mengatakan bahwa film ini disatu sisi memuaskan dirinya karena menampilkan sisi teknis yang baik. Tapi di sisi lain, ia menyayangkan terlalu banyak adegan di pengadilan yang ditampilkan secara suram seakan-akan dirinya yang paling bertanggung jawab atas tuntutan yang ada.

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.