Mau Cetak Miniatur Asteroid atau Permukaan Bulan?

cassiniJAKARTA, PCplus – Kamu yang suka mengamati benda-benda di angkasa, kini juga bisa loh mencetaknya sendiri dengan syarat kamu punya printer 3D atau menggunakan jasa cetak printer 3D. NASA sudah menyediakan kepustakaan file .STL dari sejumlah roket penyelidik luar angkasa, asteroid dan permukaan bulan, termasuk Mars Gale Crater.

Di antara 21 opsi yang tersedia untuk dicetak itu adalah Mars Odyssey, Kepler, Voyager, Rosetta dan Cassini. Dua asteroid – Eros dan Itokawa – juga ada. Semuanya telah dikecilkan ukurannya menjadi paling tinggi 10 cm (4”) dan diubah ke format .STL sehingga bisa dicetak di mesin printer 3D. Namun mungkin tidak semua detailnya bisa ditangani dengan tepat oleh printer 3D standar. Kamu bisa mencoba-cobanya sendiri – NASA mengundang para pengguna untuk berbagi hasil suntingan dan pengalaman.

Kepustakaan ini juga menyediakan model-model 3D lainnya, seperti tekstur dan visualisasi untuk kamu para artis 3D. Selain itu tersedia halaman interaktif dan game sehingga kamu bisa mencoba sendiri beberapa pekerjaan yang dilakukan NASA. OK silakan lihat sendiri koleksi NASA tersebut. Alamatnya di http://nasa3d.arc.nasa.gov/models/printable

O ya, dii tanah air sudah ada sejumlah printer 3D-nya. Di Surabaya bahkan sudah ada showroom ritel untuk printer 3D. Sementara di Jakarta, pendatang baru untuk printer 3D bagi konsumen adalah MakerBot.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.