Hai, Ada Sepatu Pintar dari India

smart_shoesJAKARTA, PCplus – Lupakan smartwatch, Google Glass, atau perangkat wearable lainnya! Sebuah perusahaan startup India dengan nama Ducere Technologies sedang membidik bagian lain dari tubuh, yakni kaki. Mereka menghadirkan Lechal, yakni sepatu pintar atau or “alas kaki haptic interaktif” yang bergetar untuk memberi kamu umpan balik dan petunjuk tentang ke mana kamu sedang menuju dan fungsi-fungsi lainnya.

Sepatu ini disambungkan ke ponselmu (Lechal kompatibel dengan iOS, Android dan Windows Phone) dan Google Maps apps via Bluetooth. Mereka kemudian mengantarkan petunjuk arah dari app langsung ke kakimu dengan umpan balik haptic. Jika kamu harus belok kiri di ujung jalan, maka sepatur kirimu akan bergetar.

Wall Street Journal melaporkan bahwa Ducere dibentuk oleh dua insinyur India, dan bermarkas di Secunderabad dengan 50 awak. Krispian Lawrence, salah satu pendiri dan CEO-nya, mengatakan, “Sepatu adalah perpanjangan alamiah dari tubuh manusia. Kamu bisa keluar rumah tanpa jam tangan atau gelang, tapi kamu tidak akan pernah meninggalkan rumah tanpa memakai sepatumu.”

Sepatu pintar ini juga bisa mencatat jalur dan jarak yang kamu tempuh, yang bermanfaat bagi jogger (pelari), juga mampu mencatat jumlah kalori yang dibakar seperti gelang fitness biasa. Menurut video promosinya, kamu juga bisa men-tag lokasi dengan mengetukkan kaki ke tanah.

Sepatu ini awalnya dikembangkan sebagai perangkat bantu navigasi untuk mereka yang pandangannya kurang sempurna. Namun Lawrence kemudian menyadari bahwa ada aplikasi lain untuk perangkat yang dipakai (smartwear) bagi mereka yang bisa melihat.

Kamu bisa membeli sepatu Lechal secara utuh, atau sol pintar untuk sepatumu. Harganya diperkirakan US$ 100 – US$ 150.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.