Tuesday, July 16, 2024
Review ProdukReview Software

5 Rekomendasi Aplikasi Peta Digital Buat Ponsel

Jakarta, PCplus – Pernah nggak sih kamu kesasar gara-gara kurang paham daerah yang sedang kamu kunjungi? Kalau iya, sebenarnya kamu tidak sendiri. Ada banyak yang senasib dengan kamu. Makanya aplikasi peta digital sangat dibutuhkan, utamanya buat kalian yang sering jalan-jalan. Nah, PCplus punya nih 5 rekomendasi aplikasi peta digital buat kamu pasang di ponsel. Simak ya.

Baca Juga: Review Software Peta Digital OpenStreetMap

1. Google Maps

Dari beragam aplikasi yang ada, bisa jadi Google Maps adalah yang paling populer dan banyak dipakai oleh pengguna jalan dan mereka yang senang bepergian. Google Maps memang pelopor penggunaan peta digital di perangkat ponsel. Dengan sistem yang sangat kuat dan dukungan dari database Google, aplikasi ini menawarkan fitur penunjuk arah, informasi lokasi, tarif tol, status lalu lintas, dan banyak lagi.

Selain itu, karena bekerja penuh dengan bantuan Internet, kita bisa melihat informasi perjalanan secara realtime. Termasuk tempat-tempat menarik yang ditambahkan oleh Google atau oleh komunitas pengguna Google Maps.

Keunggulan: Kuat, akurat, dan terintegrasi dengan berbagai layanan Google.

Platform: Tersedia untuk Android dan iOS.

2. Waze

Waze dikembangkan oleh komunitas dengan fokus pada akurasi peta dan fitur lengkap. Aplikasi ini memantau laporan lalu lintas, konstruksi, kecelakaan, dan informasi aktual lainnya. Kerena berbasis komunitas, maka kekuatan Waze makin hebat kalau makin banyak yang menggunakannya.

Di Waze juga banyak hal yang bisa kamu lakukan. Dari mengambil informasi lalu-lintas, tempat menarik sampai beragam informasi geografi lain. Di Waze kamu juga bisa menyumbang banyak informasi, seperti informasi tempat, informasi halangan/kecelakaan di jalan dan sebagainya.

Keunggulan: Informasi real-time, laporan dari pengguna, dan navigasi yang cerdas.

Platform: Tersedia untuk Android dan iOS.

3. HERE WeGo

HERE WeGo adalah aplikasi peta digital yang dapat digunakan secara offline. Fitur-fiturnya meliputi navigasi GPS, informasi lokasi, dan tempat-tempat menarik di sekitar tanpa koneksi internet.

Dari riset tipis-tipis PCplus, tidak banyak yang tahu dan menggunakan aplikasi peta digital ini. Padahal, fitur offline mode-nya sangan membantu mereka yang tidak melulu bisa punya akses internet.

Keunggulan: Fungsionalitas offline, akurasi, dan tampilan yang jelas.

Platform: Tersedia untuk Android dan iOS.

4. Maps.me

Maps.me adalah aplikasi peta yang memungkinkan pengguna mengunduh peta negara atau kota secara offline. Fitur-fiturnya mencakup navigasi, pencarian tempat, dan rute terbaik.

Peta ini mirip Here WeGo seperti yang sudah dibahas di atas. Tentu saja tetap ada plus dan minus dan beberapa perbedaan signifikan dari keduanya. Terutama soal basis data tempat menarik serta rute yang dimiliki aplikasi. Cara terbaik untuk mengetahui mana yang cocok buat kamu adalah dengan mencobanya.

Keunggulan: Peta offline yang detail dan mudah digunakan.

Platform: Tersedia untuk Android dan iOS.

5. Sygic

Rekomendasi peta digital terakhir adalah Sygic. Aplikasi ini juga menawarkan peta offline dengan panduan suara. Termasuk fitur informasi lalu lintas, dan fitur POI (Point of Interest). Aplikasi ini cocok untuk perjalanan di luar negeri.

Sygic ini cukup keren lho. Ia punya fitur 3D yang akan aktif saat dalam mode navigasi. Sebenarnya peta lain juga memiliki fitur serupa. Hanya saja, menurut PCplus, yang ini lebih keren dan interaktif.

Keunggulan: Navigasi offline yang akurat dan panduan suara.

Platform: Tersedia untuk Android dan iOS.

Dengan rekomendasi aplikasi peta digital di atas, perjalanan kamu akan lebih lancar dan terarah. Selamat menjelajahi dunia! 🌍🗺️

Komentar kamu