Mudahkan Mendesain 3D, MakerBot Sajikan Scanner 3D

makerbot digitizerJAKARTA, PCplus – Ingin mencetak dengan printer 3D, tapi kurang menguasai program 3D sehingga tidak bisa membuat desain 3D yang bagus dari obyek yang ada? Ah tak masalah. Mengapa tidak kamu scan saja obyek yang ingin kamu bikin itu?
www.teststarter.com

Bisa? Bisa saja, sebab sudah ada yang namanya scanner 3D. Kerjanya seperti scanner biasa, tapi ia mengambil ukuran secara 3D. Jadi kamu tak perlu repot merancang obyek 3D lagi. Ambil saja obyek 3D yang ada, maka ukuran yang kamu dapatkan akan persis sama. Praktis bukan?

Nah, untuk memudahkan konsumen mencetak obyek 3D dengan printer-nya (MakerBot Replicator 2 dan Replicator 2x), MakerBot  punya produk seperti ini. Namanya MakerBot Digitizer. Ia diklaim bisa men-scan dengan resolusi detil 0,5mm dan kecepatan sekitar 12 menit dengan akurasi sekitar 2mm. (Baca: Agustus, Dua Printer 3D MakerBot Masuk ke Indonesia)

scan 3d

“(Bisa dipakai) Untuk menduplikasi dan memodifikasi obyek 3D. Untuk mempercepat proses desain 3D bagi yang terbatas penguasaan software 3D-nya. Misalnya pemahat,” kata Sugianto (Direktur, PT Perdana Occitek) dalam jumpa pers di Jakarta (15/7/2014).

MakerBot Digitizer Desktop 3D Scanner ini, termasuk software MakerWare for Digitizer,  dijajakan US$ 1500, di luar PPN. Scanner dengan koneksi USB ini berukuran 47,5  x 41,1 x 20,3 cm. Ia bisa bekerja di lingkungan Windows (7+), Mac OSX (10.7+) maupun Linux (Ubuntu 12.04+).70-461

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.