Yahoo Aviate, Asisten Pribadimu di Android

yahoo aviateHome screen di smartphone Android-mu berantakan sehingga sulit menemukan app tertentu saat dibutuhkan? Jika ya, gunakan launcher untuk merapikannya. Di Android, tersedia beragam launcher. Ada Google Now Launcher, Nova, Apex, Launcher Pro, ADW, Zeam, dan banyak lagi. Dari Yahoo juga ada, yakni Aviate.

Aviate yang gratis ini, kata Yahoo, bertujuan menyederhanakan semua yang ada di ponsel Android kita dengan tampilan yang bersih. Aviate akan mengelompokkan apps yang ada di ponselmu sesuai tema, misalnya Home, Morning, Nearby, dan Night Time. Lalu semua kelompok tadi akan ditempatkan di home screen ketika waktu atau lokasinya sesuai.

Jelasnya, home screen original smartphone-mu akan diubah. Fitur-fitur baru akan ditambahkan dan desain dari skin Android akan diubah. Aviate ingin mengubah smartphone-mu menjadi asisten pribadi yang tahu apa yang kamu inginkan sebelum kamu menyuruhnya.

Seting Sangat Mudah
Seting Aviate sangat mudah. Kamu tinggal mengikuti petunjuk yang ada. Setel app sebagai home screen default dengan mengetuk tombol home. yahoo aviate2Pilihlah Aviate dari menu yang muncul, lalu pilih “always.”

yahoo aviate3

Begitu home screen baru kamu siap, silakan atur lokasi rumah dan kerja agar bisa mendapatkan manfaat penuh dari Aviate. Cukup sapukan jemari ke kanan dan masuk ke seting untuk mengeset lokasi-lokasi tersebut. Langkah ini opsional sih. Kamu sebenarnya tak harus memasukkan alamat lengkap jika tidak mau. Masukkan saja alamat yang dekat rumah dan kantormu. Aviate akan menggunakannya untuk memberikan app rekomendasi tema ketika kamu tiba di lokasi-lokasi tersebut.

yahoo aviate4

Semua Apps Dikelompokkan
Selama proses setup, app otomatis mengatur apps yang ada di smartphone-mu dalam kumpulan bertema, termasuk Productivity, Social, Photography, Entertainment, Games, Studying, dan News. Di kanan home screen ada satu halaman penuh koleksi popular yang dikhususkan untuk kumpulan app. Kamu bisa menyunting kumpulan apa yang muncul di sana, dan apps mana yang ada di masing-masing kumpulan. Satu-satunya yang tidak bisa kamu lakukan adalah membuat kumpulan kustom baru dari awal.
Di Aviate tersedia tujuh kumpulan app khusus, yakni Spaces yang memainkan peran penting: Morning, Nighttime, Home, Work, Moving, Listening, dan Nearby. Di sepanjang hari, kamu akan melihat sebuah ikon dari Spaces ini di home screen-mu, pada ujung kiri atas. Ketuk (tap) saja di sana untuk melihat halaman khusus dengan apps dan widget yang relevan. Ikon ini berubah-ubah sepanjang hari, tergantung waktu dan lokasimu.

yahoo aviate7

 

Contoh, ketika kamu bangun tidur kamu akan melihat ikon Morning: sebuah matahari dan halaman pagi yang menunjukkan sebuah foto di bagian atas, sebuah widget cuaca, daftar event hari ini dan berita-berita top. Saat kamu beranjak ke tempat kerja, Aviate akan beralih ke kumpulan Moving, yang memperlihatkan arah ke lokasi kerja dan rumah dan apps transit-mu. Coba tancapkan headphone, maka kumpulan Listening akan muncul dengan widget untuk memutar audio dan apps musikmu. Lalu nanti di malam hari, ikon Night Time hadir dan memamerkan shortcut untuk mengeset alarm dan memasukkan smartphone-mu ke moda do-not-disturb, berikut prediksi cuaca esok hari.

O ya, untuk setiap Space kamu bisa mengatur konten dari masing-masih halaman. Kamu bisa menambahkan kumpulan app dan widget lain. Aviate akan mengingat apa yang kamu tambahkan ketika Space muncul kali berikutnya.

Diatur Alfabetis
Andai kamu ingin menemukan satu app yang terpasang di perangkatmu, sapukan jemari ke arah kiri sampai habis. Nah, kamu akan mendapatkan semua app terdaftar secara alfabetis. Maka mencari app menjadi lebih cepat dan mudah bukan?

yahoo aviate6

 

Home Screen yang Sederhana
Home screen Aviate memperlihatkan barisan aplikasi favoritmu di bagian bawah. Namun kamu bisa menambahkan atau membuang app dari barisan sesuai kebutuhan. Kalau mau, kamu bisa menambahkan banyak baris app lagi.

yahoo aviate5

Kalau kamu sapukan jemari dari bawah home screen, akan muncul sebuah menu dari kontak favoritmu dan nomor-nomor telepon yang terakhir dihubungi. Di home screen kamu juga akan mendapatkan sebuah foto dalam bingkai, yang menggantikan wallpapermu. Foto itu bisa kamu atur sesuka hati kok. Untuk mengganti foto, tap dan tahan lalu pilih foto pengganti. App juga akan mengusulkan sebuah foto baru setiap harinya.

Selain mengubah foto, kamu bisa mengatur Aviate dengan memilih tema yang ingin kamu pakai di seluruh launcher. Kamu pun bisa memakai ikon kustom yang kamu unduh dari Google Play untuk mengubah desain dari ikon-ikon app kamu.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: