IDF: Layanan Scan Kaki untuk Pesanan Sepatu

3d-scanningJAKARTA, PCplus – Pernah beli sepatu online? Pas? Tidak selalu ya? Nah, nanti akan ada layanan scan kaki via tablet sebelum kamu pesan sepatu. Jadi sepatu yang kamu pesan dipastikan akan pas dengan kakimu.

Scan 3D dengan tablet ? Masa bisa? Bisa. Ini sudah ditunjukkan oleh sebuah perusahaan start-up asal Swedia yang bernama Volumental saat ajang IDF (Intel Development Forum) pekan lalu di California, AS. Volumental menggunakan teknologi kamera 3D Realsense Intel untuk menyajikan scan tubuh 3D ke industri ritel.

Software mereka, Volume Voice, dengan akurat men-scan bagian-bagian tubuh manusia dengan kamera Realsense 3D depth Intel. Kamera ini akan segera hadir di laptop dan tablet yang dimotori Intel. Platform berbasis cloud Volumental kemudian akan memungkinkan kamu membuat produk-produk yang didesain untuk tubuh masing-masing. Misalnya, sepatu yang pas tanpa kamu harus mencobanya sebelum membeli.

Proyek Volumental ini bertujuan membuat semua produksi sepenuhnya individual dan lokal. Ini dicapai dengan membiarkan siapa pun yang punya perangkat kamera Realsense untuk mengambil foto 3D dari bagian tubuh, misalnya kaki, seperti didemokan oleh Volumental di ajang IDF. Ukuran image tersebut dipakai untuk menghitung ukuran kaki. Pengguna kemudian bisa mengirimkan foto-foto tersebut ke cloud untuk melihat ukuran sepatu dari perusahaan mana yang akan paling sesuai.

shoe“Kamu tidak perlu kuatir mereka tidak cocok berkat scan tubuh 3D yang akurat,” kata Volumental. “Artinya kamu bisa memesan sepatu online dan tahu kalau sepatu itu akan pas.” Volumental juga menambahkan bahwa scan 3D memberikan akurasi sampai 2mm, jadi pengguna bisa dengan mudah membedakan antara ukuran setengah.

Realsense merujuk pada teknologi kamera 3D Intel, yang bermaksud mengubah cara pengguna berinteraksi dengan mesinnya. Diungkap pertama kali pada ajang CES pada Januari lalu, kamera terintegrasi generasi pertama Intel 3D Realsense dirancang untuk ditanam ke dalam PC desktop, tablet dan laptop, dan memungkinkan mesin menangkap dan men-stram image 1080p HD dalam 3D dan menggunakan bidang kedalaman sehingga pengguna bisa memakai gerakan untuk mengendalakikan fitur on-screen.

Generasi kedua Intel Realsense adalah perangkat enhanced imaging yang menciptakan peta kedalaman definisi-tinggi yang memungkinkan pengukuran, menawarkan refokus dan filter-filter tertentu dengan satu sentuhan jari.

Layanan scan 3D ini, kata Volumental, akan diluncurkannya tahun ini. Intel memprediksi bahwa layanan itu akan diintegrasikan ke dalam ponsel dan laptop dalam waktu satu tahun. Artinya, aplikasi komersial bagi pengguna rumahan mungkin akan siap lebih cepat

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.