Wah, Kapasitas Kartu SD Capai 512GB

sandisk 512gbJAKARTA, PCplus – Butuh kartu memori berkapasitas besar untuk merekam video dan foto? Ah, SanDisk menawarkan kapasitas 512GB untuk kartu SD-nya.

Sandisk Extreme Pro SDXC UHS-1 ini menjadi kartu SD berkapasitas terbesar saat ini. Ia menawarkan dukungan untuk rekaman Ultra HD 4K dengan laju transfer mencapai 95Mbps dengan kecepatan tulis 90Mbps. Selain kapasitas tinggi, kartu SD ini tahan suhu ekstrim, air, getaran dan x-ray, jadi tidak masalah jika kamu lupa mengeluarkannya dari saku celana jin yang sedang dicuci.

Belum ada informasi resmi tentang harga Sandisk Extreme Pro SDXC UHS-1 512GB ini. Namun jajaran ini akan ditemani oleh kapasitas lain: 256GB dan 128GB.

Sandisk juga menawarkan kartu yang mengadopsi standar Cfast, yakni Sandisk Extreme Pro Cfast 2.0 dalam kapasitas 128GB. Kartu ini diklaim mampu memiliki kecepatan sampai 440Mbps dan laju transfer data sampai 515Mbps. Ia pun mampu menangkap video pada resolusi 4K.

O ya bagi yang belum tahu, Cfast adalah standar versi advanced dari Compact Flash yang dirancang dengan antarmuka SATA, bukan IDE. Sejauh ini adopsi standar di hardware masih lambat. Tetapi perangkat-perangkat baru mulai hadir tahun ini. Compact Flash sendiri sudah hadir sejak tahun 1994 dan selalu berbasiskan IDE. Cfast adalah format pertama yang di-upgrade untuk mencerminkan kemajuan kecepatan bus.

Drive Cfast akan tersedia bulan depan. Lagi-lagi harga resminya belum diumumkan.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.