S-Pen, Kunci Inovasi Samsung Galaxy Note 4

Samsung galaxy note s-penJAKARTA, PCplus – Samsung baru saja secara resmi meluncurkan Galaxy Note 4-nya. Dalam acara jumpa pers di Jakarta tadi siang (22/10/2014), diungkapkanlah keunikan phablet (istilah Samsung untuk smartphone dengan layar lebar) dengan layar 5,7” itu.

Kalau ditilik ukuran layarnya, Note 4 tidak beda dengan Note 3. Sama-sama 5,7”. Namun jika dibandingkan saingannya, layar Note 4 sungguh berbeda. “Layarnya 2,5D.   Ini kehebatan Galaxy. Jauh lebih kuat,” ucap Febri Rusli (Product Marketing Senior Manager, Mobile Business, PT Samsung Electronics Indonesia). LCD pada Note 4, tambah Febri, adalah Quad HD Super AMOLED dengan resolusi 2560×1440. “Beda dengan pesaing, yang cuma Quad HD.”

Keunggulan lainnya adalah keberadaan stylus (pena) yang dijuluki S-Pen. “S-Pen sangatlah penting. Sensasi menulis (dengan S-Pen) seperti menulis di atas kertas,” tegas Febri. S-Pen pada Note 4 ini disebutkan 2x lebih sensitif dibandingkan pena pada Note 3. “Ada kerjasama dengan vendor untuk input,” ungkap Febri tanpa merinci lebih lanjut.

Pena ini memang tidak hanya berfungsi untuk menulis. Ia bisa menjadi pengganti jemarimu saat kamu ingin berpindah apps dan file dengan nyaman. Kliklah tombol di ujung S Pen, dan menu Air Command akan hadir di layar, menyilakan kamu untuk masuk ke Action Memo, Smart Select, Image Clip atau Screen Write.

Dengan Smart Select dan Image Clip, kamu bisa menyoroti bagian tertentu dari displai. Smart Select akan memngkinkan kamu mengenali teks yang ada, sementara Image Clip memungkinkan kamu menarik image dan menyimpannya ke scrapbook. “Smart Select bisa untuk kliping sesuatu,” jelas Febri.

S-Pen, tegas Febri, adalah kunci inovasi dari Galaxy Note. Dua pena baru pun telah ditambahkan pada Note 4, yakni Fountain pen dan Calligraphy Pen.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: