Samsung Galaxy Note 4, Calon Belahan Jiwamu?

samsung-galaxy-note-4JAKARTA, PCplus – Smartphone menjadi belahan jiwa (soulmate)? Ya, menurut You Young Kim (President, PT Samsung Electronics Indonesia) dalam acara peluncuran Samsung Galaxy Note 4 di Jakarta tadi siang (22/10/2014), Samsung Galaxy Note 4-nya layak menjadi belahan jiwa kamu. Ia mengerti perasaanmu, dan siap mendampingi kamu di setiap aktivitasmu mulai dari bangun tidur sampai beranjak tidur di malam hari.

Kok begitu? Sebab smartphone (Samsung menyebutnya sebagai phablet alias phone tablet) yang satu ini bukan hanya smart, tapi juga multifungsi. Ia tidak sekadar sarana telekomunikasi, tetapi juga bisa menjadi dompet uang untuk melakukan pembayaran. Juga bisa menjadi TV pribadi. Menjadi komputer. Bahkan menjadi pelatih fitnes (kebugaran). Ia mampu bekerja multitasking, juga multiwindow.

“Di era Internet, digital, smartphone menjadi pusat informasi manusia. Sehingga segala sesuatu bisa dinikmati manusia,” jelas Andre Rompis (Vice President of IM Business, PT Samsung Electronics Indonesia).

Urusan potret memotret, termasuk selfie pun makin mudah dilakukan dengan smartphone. Kamera dan smartphone, kata Febri Rusli (Product Marketing Senior Manager, Mobile Business, PT Samsung Electronics Indonesia), sudah tak terpisahkan. Spesifikasi kamera pada Galaxy Note 4 memang tidak kalah dengan kamera digital.

Untuk kamera belakang misalnya, Samsung menyodorkan resolusi 16 megapixel dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS) yang berfungsi mengurangi efek kabur akibat guncangan tangan saat memotret. Sementara untuk selfie, tersedia kamera depan dengan resolusi 3,7 megapixel dan f1.9. “Cahaya yang diabsorpsi 60% lebih banyak,” jelas Febri.

Samsung tampaknya peduli sekali dengan selfie yang sangat digemari banyak orang tanpa mengenal usia dan jenis kelamin ini. Lihat saja, ada wide selfie yang bisa menangkap gambar pada sudut sampai 120 derajat. Selain itu di bagian belakang smartphone, tutur You Young Kim (President, PT Samsung Electronics Indonesia), juga disediakan sensor heart rate monitor untuk membantu selfie. Pun ada auto-selfie.

Kuatir baterai cepat terkuras jika sering-sering selfie yang mengandalkan layar? Apalagi layar Galaxy Note 4 besar, 5,7”? Ah tak usah. Sebab baterai Li-Ion 3220 mAh yang tertanam pada smartphone dengan OS Android 4.4 KitKat ini bisa terisi 50% dari kondisi kosong hanya dalam waktu 30 menit. “Normalnya nyaris satu jam,” kata Febri. Selain itu, kata Febri, Note 4 hemat daya. “7,5% lebih irit dibandingkan Note sebelumnya. Juga ada Ultra Power Save yang ada di Galaxy S5,” ujarnya.

O ya, Galaxy Note 4 ini dibandrol Rp 9,499 juta. Kamu bisa membelinya mulai tanggal 24 Oktober mendatang. Ia hadir dalam dua pilihan warna: hitam dan putih.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.