Asik, Hiburan Interaktif di Taksi Blue Bird

Contoh penggunaan Interactive Taxi Entertainment di armada taksi Blue Bird (foto: dok. Maverick)
Contoh penggunaan Interactive Taxi Entertainment di armada taksi Blue Bird (foto: dok. Maverick)

Jakarta, PCplus – Naik taksi Blue Bird sekarang makin nyenengin, apalagi setelah operator taksi nomor satu di Indonesia ini menggandeng Microsoft, NEC, Intel dan Acer untuk memperkaya layanan di armadanya dengan konsep Interactive Taxi Entertainment (ITE). Apa itu?

Gampangnya, ITE adalah aplikasi yang khusus dikembangkan untuk dipakai di dalam taksi. Sifatnya yang interaktif membuat penumpang yang sedang memakai jasa taksi tersebut bisa mencari sendiri hiburan yang mereka mau. Terus, apa pentingnya?

“Penduduk Jakarta sering sekali terjebak kemacetan. Karena itu, Microsoft merasa senang dapat bekerjasama dengan Taksi Blue Bird dan perusahaan teknologi lain untuk menghadirkan ITE,” kata  Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Andreas Diantoro di ajang TechDays 2014 di Jakarta.

Microsoft sebagai sistem operasi populer memang bakal berperan banyak saat ITE diimplementasikan di ratusan armada Blue Bird nantinya. Perusahaan rintisan Bill Gates ini tak sendirian. Di sisi perangkat keras, Intel siap dengan prosesor Atom Z3740 empat inti berkecepatan 1,8GHz.

Nantinya, pengguna akan memakai kekuatan prosesor Intel ini di tablet Acer Iconia W4 untuk mengakses konten ITE. Oh ya, tablet Acer berukuran 8 inci ini juga punya teknologi zero air gap yang akan menghilangkan pantulan cahaya berlebih di layarnya supaya gambar yang ditampilkan bisa tetap tajam sekalipun berada di terik matahari.

Lalau apa yang dilakukan NEC? Perusahaan asal Jepang ini bertanggung jawab di sisi konten. NEC akan mengintegrasikan fungsi iklan dan media interaktif di ITE dengan aplikasi bernama NEC Live. Kedepannya aplikasi NEC Live juga akan dilengkapi dengan layanan e-Payment, game, GPS dan fitur lain.

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.