15 Mahasiswa Terbaik Indonesia Ikut Pelatihan Huawei di Tiongkok

Huawei - Beijing Exhibition 1JAKARTA, PCplus – Masih ingat, kalau Juni lalu Huawei melatih 100 mahasiswa dalam Program Pelatihan Mahasiswa untuk Huawei Certified Datacom Associate (HCDA) yang sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI)? Kala itu selama 7 hari, 100 mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Telkom mengikuti pelatihan di dua lokasi yaitu Pustiknas Ciputat dan Pusat STEI ITB Huawei di Bandung.

Bulan lalu, tepatnya 17 – 23 November, ada 100 lagi mahasiswa yang diikutkan dalam program yang sama. Kali ini pesertanya berasal dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Diponegoro (UNDIP), dan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS). Mereka mengikuti pelatihan HCDA di Pusat TIK Nasional (Pustiknas) Ciputat, Tangerang Selatan.

Berarti total sudah ada 200 mahasiswa dari 6 perguruan tinggi yang mengikuti HCDA. Dari jumlah tersebut, Huawei telah mengundang 15 mahasiswa terbaik untuk berpartisipasi dalam program Huawei Undergraduate Training Program yang merupakan bagian dari program global CSR Huawei “Seeds for the Future” di Shenzhen, Shanghai dan Beijing. Mereka mengikuti pelatihan selama satu minggu di kantor pusat Huawei di Shenzhen, Tiongkok dan program pengetahuan budaya selama seminggu di Beijing dan Shanghai.

O ya, program Pelatihan Mahasiswa HCDA merupakan implementasi dari kelanjutan kesepakatan bersama Huawei dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika bidang Riset TIK dan Sumber Daya Manusia, serta PT Telkom dan Telkomsel. Huawei telah menandatangani perjanjian kerjasama untuk melatih mahasiswa-mahasiswa berbakat Indonesia selama tiga tahun.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.