Mengunduh APK Dari Google Play Store

ilustrasi

Ditolak emang selalu menyebalkan, termasuk oleh Google Play Store. Penolakan itu terjadi ketika kamu ingin mengunduh satu aplikasi tertentu. Alasan penolakan beragam, mulai dari aplikasi tidak kompatibel dengan ponsel Android kamu, aplikasi itu tidak tersedia untuk pasar Indonesia, dan banyak sebab lain.

Namun seperti jomblo yang gigih, kamu sebenarnya bisa menggunakan cara lain untuk memasang aplikasi itu ke ponsel Android kamu. Caranya adalah dengan mengunduh apk alias file mentah aplikasi Android. Dan untuk mendapatkan apk, berikut cara yang bisa kamu gunakan.

1. Menggunakan plugin Browser

Plugin bernama CodeKiem APK Downloader berfungsi mendapatkan file apk dari setiap aplikasi yang ada di Play Store. Pihak developer mengklaim memiliki plugin versi Chrome dan Firefox, namun penelurusan kami menunjukkan hanya versi Chrome yang tersedia. Silakan download versi Chrome di sini.

Carilah item APK Downloader dan klik link Options yang ada di bawahnya. Anda harus login dengan memasukkan email, password, dan Android Device ID.

Untuk mulai menggunakan APK Downloader, kamu harus masukkan info akun Gmail kamu berikut Android Device ID
Untuk mulai menggunakan APK Downloader, kamu harus masukkan info akun Gmail kamu berikut Android Device ID

 

Android Device ID bisa didapatkan dengan menekan *#*#8255#*#*. Carilah item aid dan angka heksadesimal di belakangnya—itulah yang merupakan Android Device ID Anda. Cara lain adalah mengunduh aplikasi AndroidPit Device ID di http://www.androidpit.com/app/com.evozi.deviceid. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengetahui informasi Android Device ID Anda.

Jika login melalui APK Downloader tersebut ditolak, Anda dapat membuka pilihan setting di akun Google kamu dan pilih Enable pada opsi Access for less secure apps. Setelah itu Anda bisa login kembali melalui APK Downloader.

Kini bila Anda membuka Google Play Store dan mencari aplikasi tertentu, selain tombol Install akan muncul juga tombol Download APK. Tentu saja dengan mengeklik tombol Download APK, Anda bisa mengunduh file APK untuk aplikasi yang bersangkutan.

2. Menggunakan Situs Penyedia apk

Cara kedua adalah dengan menggunakan situs yang menyediakan jasa pengunduhan file APK. Salah satunya adalah Evozi.com. Masukkan nama paket aplikasi atau URL Google Play Store yang merujuk ke aplikasi tersebut ke dalam kotak tersedia dan klik tombol Generate Download Link. Setelah link untuk mengunduh berhasil dibuat, klik tombol Click here to download [nama aplikasi] now.

Di situs Evozi.com, kamu bisa memasukkan alamat Play Store dari aplikasi yang ingin kamu download
Di situs Evozi.com, kamu bisa memasukkan alamat Play Store dari aplikasi yang ingin kamu download

3. Menggunakan aplikasi

Cara yang ketiga adalah dengan menginstal aplikasi APK Downloader. Salah satu yang sudah kami coba adalah Apk Downloader yang dikembangkan oleh Nguyen Khanh Binh. Mula-mula, kamu harus memasukkan informasi login Anda ke Google Play Store pada aplikasi ini, kemudian carilah aplikasi yang ingin diunduh melalui aplikasi Apk Downloader ini pula. Setelah didapatkan, ketuk tombol Download untuk mengunduhnya.

Cara ini memiliki keunggulan tersendiri, yaitu file APK langsung diunduh di gadget yang digunakan. Jadi kamu tak perlu lagi melakukan transfer file APK dari komputer ke gadget.

Aplikasi karya Nguyen Khanh Binh ini lebih mudah digunakan karena file apk langsung masuk di ponsel Android kamu
Aplikasi karya Nguyen Khanh Binh ini lebih mudah digunakan karena file apk langsung masuk di ponsel Android kamu

 

Nah, sekarang kamu punya cara menghadapi penolakan Google Play Store. Sayangnya, PCplus belum punya cara buat ngadepin tolakan gebetan, hehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.