Tahun 2015, Pasar Wearables Tumbuh 3x

wearableJAKARTA, PCplus – Produk wearable makin populer. Diprediksikan oleh para analis di lembaga riset Forrester, perangkat wearable akan makin diminati tahun depan.

J.P. Gownder, penulis laporan Forrester, mendapatkan bahwa kendati orang di Eropa biasanya cepat melakukan adopsi terhadap teknologi baru, ternyata mereka yang di AS jauh lebih cepat merangkulnya.

Laporan Forrester mengatakan, penggunaan wearable akan makin meningkat sejalan dengan makin banyaknya produk yang dirilis ke pasar. Diperkirakan penjualan akan meledak tahun depan, kemungkinan saat atau sekitar peluncuran Apple Watch ke pasar.

Lembaga analis ini juga memprediksi penjualan wearable device akan melompat tiga lipat pada tahun 2015. Laporan Forrester ini ditujukan pada para CMO (chief marketing officer) dan menawari mereka hal-hal yang tidak mereka ketahui tentang wearable.

Di urutan pertama adalah bahwa orang menginginkan wearable. Di urutan kedua adalah saran bahwa bisnis pun tertarik dengan wearable.

Saat ini AS paling getol dengan teknologi wearable. Saat disurveie tentang minat membeli wearable, 45% penduduk AS mengatakan tertarik. Mereka yang berdomisili di Eropa kurang tertarik dengan angka 32%,

Apa yang membuat mereka tertarik? Macam-macam. Namun menurut Forrester kebanyakan responden merasa perangkat tersebut dapat membantu latihan kebugarannya, dengan perangkat seperti Jawbone, dan membuat mereka tidak perlu memasukkan tangan ke kantong untuk mengambil ponselnya.

Kebanyakan responden tertarik dengan wearable yang dikenakan di pergelangan tangan. Hasil ini serupa dengan laporan Gartner yang terbit lebih dulu. Namun Gartner mengatakan pembeli lebih tertarik dengan jam pintar (smartwatch) dan bukan wearable kebugaran (fitness).

Smartwatch beda dengan gelang pintar karena smartwatch harus menampilkan waktu dan punya user interface yang berorientasi di sekitar komunikasi. Sementara sejumlah gelang pintar mampu menampilkan dan mengirimkan SMS.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.