Aih, Peretas Makin Berani Tampil

Hackers_ListJAKARTA, PCplus – Semua hal di dunia punya dua sisi: sisi baik dan sisi buruk. Begitu juga Internet. Ia bisa menawarkan hal-hal baik, juga buruk. Para penjahat cyber bisa memanfaatkannya untuk mencuri data pribadi siapa pun.

Eh tapi tahun ini sepertinya kondisi sekuriti makin parah. Para peretas berusaha keluar dari persembunyiannya dan menawarkan diri untuk disewa. Salah satu situs penyewaan jasa peretas itu adalah Hackers List. Dibuka November lalu, di situs ini siapa pun bisa menyewa peretas – white hat atau black hat – untuk pekerjaan-pekerjaan peretas kecil.

Kebanyakan dari para peretas di website itu mencantumkan tarif jasanya. Ada yang meminta bayaran US$ 28 per jam, tapi ada juga yang menagihkan US$ 300 per jam. Mereka menawarkan jasa mulai dari membobol akun Gmail sampai membuat website down. Sampai saat ini banyak yang menawarkan mengubah nilai ujian di sekolah.

Eh, tapi calon penyewa jasa bisa juga meminta jasa tertentu. Di sana misalnya, ada yang menuliskan “”$300-$600: Saya butuh peretas untuk mengubah nilai ujian akhir, harus dilakukan dalam satu minggu.” Ada juga meminta: “$200-$300: Retaslah ke akun email perusahaan, salin semua e-mail di akun itu. Berikan salinan dari induk semang e-mail. Kirimkan e-mail spam yang mengaku berbohong dan menjelek-jelekkan karakter ke semua orang dalam daftar e-mail.”

Sebenarnya situs-situs seperti ini sudah lama ada, tapi selama ini mereka tak terlihat, alias underground. Kini mereka tanpa malu-malu mengekspos jasanya. Mengerikan bukan? Mudah-mudahan kamu tidak tertarik menggunakan jasa mereka.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer